Masyarakat Kuansing Apresiasi Kesenian "Randai"

id masyarakat kuansing, apresiasi kesenian randai

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Masyarakat Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau ramai memadati lokasi resepsi HUT Republik Indronesia yang diselenggarakan di daerah itu untuk menonton kesenian tradisional "randai".

"Kesenian daerah berupa tarian randai mengisi hiburan rakyat setia hari besar maupun kegiatan daerah sebagai sarana silahturahim dan tntonan yang mengasyikkan," kata Camat Logas Tanah Darat (LTD) Novrion di Teluk Kuantan, Selasa.

Ia mengatakan, setiap tahun acara HUT RI digelar di daerah, warga sangat antusias menunggu peringatan itu sehingga tiba saat nya Agustus 2015 ratusan masyarakat daeri puluhan desa hadir bersama keluarga tanpa kenal lelah dan bosan menyaksikan sejumlah hiburan yang di suguhkan.

Randai yang ditampilkan adalah hasil olahan seni yang berasal dari LTD sendiri, semua kegiatan berjalan dengan sukses dan aman karena sudah menjadi agenda khusus yang di kemas sedemikian rupa untuk di menghibur warga yang hadir bahkan hkmah dari acara ini juga dapatmenyambung tali persaudaraan.

" Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar," ujarnya.

Resepsi malam itu, mendapatkan apresiasi dar sejumlah tamu yang diundang dan bahkan pejabat kabaten juga hadir sehingga suasana semakin meriah dan dapat juga bernilai ekonomi karena pada malam itu sejumlah waga menjajakan dagangan untukmengais rezeki.

Sejumlah kesenian daerah yang ditampilkan, hanya randai yang menjadi sorotan warga, karena kesenian ini asli milik warga dan namanya sudah terkenal hingga keluar daerah.

Salah satu warga Kuantan Singingi Reflizar juga menambahkan, randai adalah aset daerah yang perlu di lestarikan, kesenian ini sudah dikenaloleh masyarakat luas namun disayangkan alat ntuk mengiringi Randai masih sangat sederhana dan tradisional.

" Karena itu perlu perhatian pemerintah daerah agar lebih maju lagi," ucapnya.

Menurutnya, jika penampilan penyani dan pemain randai lebih ditigkatkan maka suasananya akan semakin baik, randai bisa dijadikan budaya lokal bertarap nasional jika dikelola secara maksimal dan sering diperlombakan untuk hiburan masyarakat secara nasional.