Pemkab Indragiri Hilir Kembangkan Pulau Basu

id pemkab indragiri, hilir kembangkan, pulau basu

Pemkab Indragiri Hilir Kembangkan Pulau Basu

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir,Riau tahun ini berencana untuk mengembangkan Pulau Basu, yang terletak di Kecamatan Concong sebagai kawasan wisata baru.

Lokasi tersebut merupakan tempat berkembang biaknya burung migran yang berasal dari Benua Australia dan dari Kutub Selatan, setiap tahunnya Pulau Basu selalu disinggahi oleh ribuan burung dengan jenis bangau dan jenis lainnya.

"Keunikan ini hanya dimiliki oleh beberapa daerah saja di dunia dan salah satunya adalah Indragiri Hilir, namun, Sayangnya kini kondisi Pulau Basu sedang menghadapi kondisi yang mengkhawatirkan akibat perambahan hutan mangrove yang tumbuh di sekitarnya," kata Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan, di Tembilahan, Rabu.

Dia mengungkapkan bahwa hal ini merupakan potensi wisata alam yang sangat unik, oleh karena itu pihaknya sedang berupaya untuk menggarap potensi yang ada di lingkungan tersebut dan menjaga kelestarian wilayah sekitarnya.

"Penebangan mangrove tidak lagi diperbolehkan, agar burung migran tetap datang setiap tahunnya, karena keberadaan tumbuhan itulah yang menjadi daya tarik bagi burung-burung tersebut untuk singgah di wilayah Pulau Basu," paparnya.

Selain itu dia juga menyampaikan bahwa pihaknya sedang mempelajari bagaimana cara menjadikan kawasan sekitar pulau itu menjadi kawasan konservasi, dan dengan demikian keberadaan kawasan tersebut akanlebih terjaga.

"Burung migran dengan aneka jenis tersebut, bukan hanya hadir sehari atau dua hari, tetapi cukup lama, bahkan sempat berkembang biak, dan saat ini tinggal mempelajari bagaimana cara untuk mengemas Pulau Basu tersebut agar dapat dikenal lebih luas," tutupnya. (Adv)