196 Sumur Minyak Tua Di Jambi Terlantar

id , 196 sumur, minyak tua, di jambi terlantar

  196 Sumur Minyak Tua Di Jambi Terlantar

Jambi, (Antarariau.com) - Sebanyak 196 sumur minyak tua milik Pertamina di Provinsi Jambi terlantar karena tidak ada yang mengelolanya, kata Kepala Dinas ESDM Provinsi Jambi, Gamal Husin, Kamis.

Dia mengatakan sumur-sumur minyak tua itu sudah ditawarkan ke pengusaha, KUD dan BUMD untuk dikelola, namun tidak ada yang berminat dengan tawaran itu.

Kurang minat pengusaha untuk mengelola disebabkan sulitnya mekanisme pengajuan untuk eksploitasi, pengusaha sepertinya juga tidak mau repot mengurusnya.

"Selain itu hitung-hitungan secara ekonomis juga kurang menguntungkan sehingga sepi peminat, data kita ada sekitar 1.498 sumur eksplorasi dan sumur eksploitasi dan yang termasuk kategori sumur tua itu ada 196," kata Husin.

Untuk pengelolaan kembali sumur-sumur minyak tua itu, kata Husin, pengusaha harus mengantongi izin dari Pertamina sebelum membawanya ke Dinas ESDM Provinsi Jambi yang selanjutnya mengusulkannya ke Kementerian ESDM.

"Yang harus dilakukan pengusaha adalah mengantongi izin dari pemilik sumur yakni pertamina setelah itu mereka bikin MoU kemudian diajukan ke Dinas ESDM setelah itu kita ajukan ke kementerian melalui ESDM, kalau izinnya tidak dapat bagaimana kami ACC," jelasnya.

"Maunya mereka langsung ke kami dan kami yang diminta lobby itu kan sulit juga, persoalannya disitu. Izin dari Pertamina itu yang perlu dimiliki bukan kami menghambat, yang penting minta izin sama yang punya sumur. Kalau mereka setuju dikelola saya pikir ESDM tidak ada masalah," katanya.