Lima Komisioner KPU Riau Ikut Bimtek Tugas

id lima komisioner, kpu riau, ikut bimtek tugas

Lima Komisioner KPU Riau Ikut Bimtek Tugas

Pekanbaru, (Antarariau) - Lima komisioner KPU Riau mengikuti bimbingan teknis (bimtek) tugas dari KPU RI.

Anggota KPU Riau, Ilham M Yasir, Kamis, mengatakan, bimtek ini baru di dapatkan KPU Riau setelah sembilan bulan menjabat sebagai komisioner.

"Setelah dilantik pada Februari 2014, kita langsung dihadapkan dengan tugas Pemilu legislatif, karena itu belum sempat mendapatkan bimbingan teknis dari KPU RI," ujarnya lewat telpon genggam.

Ilham juga mengatakan, kegiatan tersebut direncanakan akan berlansung selama lima hari, mulai dari tanggal 27 hingga 31 Oktober 2014.

Selain Dari Riau, katanya, juga ada sembilan KPU dari provinsi lain yang belum mendapatkan bimtek setelah dilantik, seperti, Lampung, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Maluku, Maluku Utara dan Papua.

Menurut dia, bimbingan teknis tersebut dilakukan sesuai ketentuan pasal 38 peraturan KPU Nomor 02 Tahun 2013 tentang seleksi anggota KPU provinsi dan KPU kabupaten dan kota.

"Kita sudah menerima surat dari KPU pusat yang meminta untuk mengirim anggota yang akan di bimbingan," katanya.

Dia menambahkan, walau bimtek sudah terlambat diberikan, namun materi yang disuguhkan menyesuaikan dengan kondisi saat ini.

"Tahapan Pemilu memang sudah tuntas, materinya cukup baru, tidak mengulang apa yang sudah dilakukan," katanya.

Di sisi lain, dalam bimtek tersebut, KPU Riau bersama sembilan provinsi lainnya juga dibekali dengan materi persiapan menghadapi Pilkada 2015,

Selain itu, KPU juga dibekali materi mengenai pembenahan yang harus dilakukan kedepannya supaya tidak terjadi kesalahan, terutama di penyelenggara tingkat bawah.

"Juga ada bagaimana memberikan bimbingan kepada KPU kabupaten/kota dalam menghadapi Pilkada 2015," ujarnya.