KPU Umumkan Lima Komisioner Riau Yang Lulus Seleksi Akhir

id KPU,Pilpres

KPU Umumkan Lima Komisioner Riau Yang Lulus Seleksi Akhir

Logo Komisi Pemilihan Umum (KPU). (Antaranews)



Pekanbaru (Antaranews Riau) - Komisi Pemilihan Umum RI mengumumkan lima nama komisioner asal Riau yang lulus seleksi hingga tahap akhir dan dinyatakan berhak atas jabatan KPU periode 2019 - 2024.

"Tahapan selanjutnya kelima komisioner ini akan dilaksanakan pelantikan 19 Februari di Jakarta," Anggota KPU Riau, Sri Rukmini kepada Antara di Pekanbaru, Jumat.

Sri Rukmini menjelaskan pengumuman ini dilakukan setelah uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) tahap akhir dilalui oleh sepuluh calon komisioner sebelumnya.

Sri Rukmini mengatakan bahwa dari 10 nama yang lulus pada tahap wawancara dipilih lima teratas, yang akan menduduki jabatan sebagai anggota KPU Riau selama lima tahun ke depan.

"Lima posisi terbawah akan menjadi cadangan atau Pengganti Antar Waktu," ujarnya.

Sebanyak 10 nama komisioner yang lulus seleksi berdasarkan ranking tertinggi yaitu Ilham Muhammad Yasir SH LLM, Firdaus SH, Abdul Rahman SE, Nugroho Noto Susanto SIP, Drs Joni Suhaidi Khery Sudeska SP.

Baca juga: Jelang Pemilu 2019, Disdukcapil Inhil Sosialisasi Warga Binaan Perekaman E-KTP

Kemudian Yasrif Yakub Tambusai SH MH, Dr Saut Maruli Tua Manik SHI MH CLA, Dr Ir H T Edy Sabli MSi, Alnofrizal SE MIkom.

Rilis nama komisioner yang lulus ini juga sudah ditayangkan pada laman KPU RI, dimana terdapat kuga kabupaten/kota se Indonesia.

Dari lima nama komisioner yang dinyatakan lulus pemuncak ditempati oleh Ilham Muhammad Yasir yang merupakan satu-satunya petahana yang lulus hingga tahap akhir.

Sementara itu Ilham Muhammad Yasir saat dikonfirmasi merasa bersyukur bisa kembali dipercaya menjabat komisioner KPU Riau.

Ia berjanji akan menjaga amanah terutama melanjutkan kerja persiapan menyelenggarakan pemilu.

"Yang sudah disiapkan bersama rekan-rekan anggota KPU Riau periode 2014-2019 akan kami selesaikan, seperti tahapan Pileg dan Pilpres sejak akhir 2017 lalu untuk menyongsong 17 April 2019," pungkas Ilham Muhammad Yasir.

Baca juga: Jusuf Kalla Nilai KPU kurang tepat tetapkan kebijakan debat Pilpres

Baca juga: 343 Calon Komisioner KPU Riau Tes Psikologi