Siak Semarak Jelang Gelaran "Tour de Siak"

id siak semarak, jelang gelaran, tour de siak

Siak Semarak Jelang Gelaran "Tour de Siak"

Siak, (Antarariau.com) - Kondisi Kota Siak di Provinsi Riau terlihat makin semarak jelang penyelenggaran balap sepeda bertaraf internasional "Tour de Siak".

Berdasarkan pantuan Antara, pusat kota Siak kini sudah berdiri pangung besar dan puluhan tenda bazar penjual beragam cinderamata. Lokasi tersebut nantinya akan menjadi pusat untuk pembukaan lomba sepeda Tour de Siak (TdS) 2014 pada 17 September. Pemandangan kota memang terlihat unik pada malam hari, apalagi lokasi pembukaan berada tepat di depan Istana Siak peninggalan bersejarah dari Kesultanan Siak Sri Indrapura.

"Karena ada acara ini, kota jadi ramai. Padahal biasanya kota ini sudah sepi kalau malam hari," kata seorang warga, Yandri (28).

Sementara itu, Koordinator Bidang Bazar Ekonomi Kreatif TdS, Wan Bukhori, mengatakan panitia menyediakan 27 stan bazar ekonomi kreatif untuk turut ambil bagian untuk mempromosikan produk unggulan pengusaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari daerah tersebut.

"Peserta bazar adalah pelaku UMKM dari 14 kecamatan yang ada di kabupaten Siak, satu koperasi, dua pelaku usaha kuliner, pelaku UKM lainnya ada delapan stand," katanya. Ia mengatakan, bazar tersebut bertujuan untuk turut mempromosikan produk kerajinan khas daerah sekaligus meramaikan TdS 2014.

"Panitia telah memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM kabupaten Siak, untuk melakukan promosi sebagi produk unggulan yang dihasilkannya," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Siak untuk kali kedua kembali menggelar lomba balap sepeda "Tour de Siak" (TdS) menyusul kesuksesannya pada penyelenggaraan tahun 2013. Lomba bertaraf internasional itu diikuti oleh puluhan pesepeda profesional dari 10 negara. Lomba TdS 2014 berlangsung pada tanggal 17-21 September.

Iven balap sepeda itu akan diikuti oleh 17 tim, sembilan tim dari luar negeri dan delapan tim lainnya dari dalam negeri. Berapa tim dari luar negeri diantaranya, yakni CCN Cycling Team dari Brunai, Eddy Holland Team Persatuan Lumba Basikal Trengganu Malaysia, Malaysia National Team, National Team Bahrain, Tabriz Syahdari Ranking Team asal Iran, Thailand National Team, Team Gusto Taiwan, Kazahstan National Team, dan Brunai National Team.

Sedangkan tim balap sepeda lokal di ikuti oleh sejumlah tim balap sepeda diantaranya, Pegasus Continental Team, Costum Cycling Club, KFC Jakarta, Miagra Racing Team, United Bike Kencana, Pengprov ISSI Kalimantan Barat, Tim BSP Siak, BRCC Bayuwangi.

Lomba Tds 2014 terdiri dari empat etape, dan akan melintasi tiga jembatan besar yang ada di Kabupaten Siak. Jumlah keseluruhaan panjang lintasan mencapai lebih kurang 430 kilometer.