Rokan Hulu Nyatakan CJH 249 Orang

id rokan hulu, nyatakan cjh, 249 orang

Rokan Hulu Nyatakan CJH 249 Orang

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu, Riau menyatakan, calon jamaah haji yang berasal dari daerah tersebut berjumlah 249 orang dan siap diberangkatkan ke tanah suci tahun 2014 untuk menunaikan rukum Islam terakhir.

"Calon jamaah haji Rokan Hulu sebanyak 249 orang yang terdiri dari 110 laki-laku dan 139 perempuan untuk berangkat ke tanah suci dan berada di negara Arab Saudi," ujar Kepal Kantor Kemenag Rokan Hulu Ahmad Supardi Hasibuan melalui telepon seluler dari Pekanbaru, Selasa.

Menurutnya, jumlah calon jamaah haji pada tahun ini meningkat dibanding pada tahun 2013 sekitar 42 orang jamaah atau dari 207 orang jamaah menjadi 249 orang jamaah karena sesuai daftar dari Kemenag Riau yang diterima pihaknya.

Untuk calon jamaah haji yang paling tua pada tahun ini atas nama Nur Samsu Binti Darwis dengan jenis kelamin perempuan yang beralamat tempat tinggal di Desa Koto Tinggi, Kecamatan Rambah pada usia 79 tahun.

"Sedangkan calon jamaah haji yang paling muda untuk tahun ini dengan usia 22 tahun atas nama Nadya Vinandari Binti Hasnan dengan alamat tempat tinggal di Jalan Riau Pasir Pengaraian, Kecamatan Rambah," katanya.

Dia menambahkan, bahwa 249 orang calon jamaah haji Rokan Hulu akan tergabung dalam kloter lima bersama dengan 178 orang CJH Kabupaten Indragiri Hulu dan 18 orang CJH Kota Pekanbaru.

"CJH yang berasal dari tiga kabupaten/kota di Riau ini, akan bertemu dan berkumpul jadi satu kelompok terbang (kloter) dengan embarkasi haji di Kota Batam, Kepulauan Riau. Penggabungan ini dilakukan karena CJH Rokan Hulu tidak cukup satu kloter penuh yang berjumlah 450 orang," ucapnya.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau sebelumnya menyatakan kemungkinan besar pada tahun 2014 untuk kelompok terbang pertama secara nasional akan diperkirakan akan terbang pada tanggal 31 Agustus 2014.

"Sedangkan kloter pertama untuk Riau berangkat pada 3 September 2014 melalui embarkasi Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau," ujar Kepala Kanwil Kemenag Riau, Tarmizi Tohor.

Provinsi Riau mengalami pengurangan kuota sebanyak 1.000 orang atau berkurang sekitar 20 persen sejak tahun 2013, akibat perluasan Masjidil Haram yang berada di tanah suci Kota Makkah, Arab Saudi.

Biasanya jamaah haji dari provinsi itu berjumlah sebanyak 5.010 orang, namun dikurangi menjadi 4.008 orang.