Usai dilantik jadi Pjs Bupati Meranti, Roni Rakhmat segera silaturahmi lintas sektor

id Pjs Bupati Meranti ,Pjs Bupati Meranti silahturahmi lintas sektor ,Kapolres Meranti

Usai dilantik jadi Pjs Bupati Meranti, Roni Rakhmat segera silaturahmi lintas sektor

Pjs Bupati Kepulauan Meranti, Roni Rakhmat (kanan) saat berbincang-bincang dengan Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Kurnia Setiawan di ruangan Mapolres Kepulauan Meranti, Jumat (27/9/2024). (ANTARA/HO-Prokopim Setda Kepulauan Meranti)

Selatpanjang (ANTARA) - Penjabat sementara (Pjs) Bupati Kepulauan MerantiRoni Rakhmat melanjutkan silaturahmi lintas sektor, guna memperkuat koordinasi dalam tata kelola pemerintahan.

Kunjungan silaturahmi dilakukan Roni ke Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kepulauan Meranti, Jumat dan diterima langsung oleh Kepala Kejari Febriyan. Di sana, Roni berbincang berbagai isu dan kondisi daerah.

Kemudian, Roni menerima kunjungan pengurus Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Kepulauan Meranti, di rumah dinas bupati.

Ketua Apdesi Kepulauan Meranti, Toha, yang juga Kades Mengkirau saat bersilaturahmi tersebut menyampaikan berbagai informasi yang dianggap penting, untuk menjaga komunikasi dan hubungan yang baik antara pemerintah desa dengan pemerintah daerah.

“Kami sangat membutuhkan arahan maupun dalam bentuk bimbingan, karena perangkat desa sangat bersentuhan dengan masyarakat,” kata Toha.

Senada dengan itu, Roni Rakhmat juga menilai hubungan yang baik antara pemerintah desa dan pemerintah daerah sangat diperlukan. Hal itu karena dirinya pasti membutuhkan bantuan dan informasi dari seluruh kepala desa.

“Untuk mengambil kebijakan baru saya tidak bisa, tapi apa yang menjadi PR yang belum terselesaikan, akan kita usahakan untuk dimaksimalkan dalam waktu 2 bulan ini,” ujarnya.

Roni juga menyebutkan dirinya akan turun ke 9 kecamatan yang ada di Kepulauan Meranti, untuk mengetahui persoalan yang ada di masing-masing kecamatan.

“Yang terpenting adalah hadirnya saya ini untuk memastikan bahwa seluruh perangkat daerah, ASN, TNI/Polri sampai ke perangkat desa, tetap netral dalam pelaksanaan pilkada serentak nanti,” tegasnya.

Kunjungan selanjutnya dilakukan Roni ke Mako Polres Kepulauan Meranti dan disambut langsung oleh Kapolres AKBP Kurnia Setyawan.

Dalam pertemuan itu, Kapolres menjelaskan saat ini kondisi Kabupaten Kepulauan Meranti dalam keadaan kondusif. Hanya saja permasalahan narkoba masih menjadi atensi khusus pihaknya.

"Untuk situasi politik di Meranti masih dalam kategori aman. Saya yakin calon-calon kepala daerah yang akan bertarung pada pilkada serentak ini, memang benar-benar putra terbaik daerah dengan kualitas yang sudah teruji," sebut Kapolres.

Sementara itu, Pjs Bupati Roni Rakhmat mengucapkan terima kasih atas sambutan dari AKBP Kurnia. Dia menyampaikan harapan, agar kepolisian dan unsur pemerintah daerah tetap solid serta terus bersinergi.

"Kita mengharapkan unsur TNI/Polri bersama pemerintah kabupaten dan penyelenggara pemilu, bisa memastikan pilkada serentak nanti berjalan aman, lancar dan kondusifitas daerah tetap terjaga," ungkap Roni Rakhmat.