Pilpres - KPU Dumai Tetapkan DPT Pilpres 199.807 Pemilih

id pilpres, - kpu, dumai tetapkan, dpt pilpres, 199807 pemilih

 Pilpres - KPU Dumai Tetapkan DPT Pilpres 199.807 Pemilih

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai menetapkan sebanyak 199.807 jiwa warga sebagai daftar pemilih tetap (DPT) untuk kepentingan pemilihan umum presiden dan wakil presiden 9 Juli 2014.

Sekretaris KPU Kota Dumai Zahedi, di Dumai, Rabu menyatakan, penetapan jumlah pemilih tetap itu berdasarkan hasil pleno lembaga penyelenggara pemilihan presiden pada Senin (9/6), bersama Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan pemenangan kedua calon presiden.

"Jumlah masyarakat yang terdaftar sebagai pemilih tetap dalam Pilpres ini mengalami pertambahan sekitar kurang lebih 3 ribuan jiwa warga dibanding DPT pemilu legislatif lalu," katanya kepada pers.

Menurutnya, pertambahan jumlah masyarakat yang memiliki hak pilih dalam Pilpres nanti merupakan hasil pemutakhiran data yang dilakukan KPU bersama penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan dan kelurahan.

Sebagian besar jumlah pemilih baru tersebut ialah masyarakat yang merupakan pemilih pemula dan pemilih khusus yang berpartisipasi menggunakan hak pilih pada saat pemilu legislatif 9 April lalu.

"Juga karena pada 9 Juli nanti, pemilih pemula ini sudah memasuki batasan umum minimal untuk bisa didaftarkan sebagai masyarakat yang memiliki hak suara," ujarnya.

Dia menambahkan, pemilihan presiden di Kota Dumai akan diselenggarakan pada 607 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar pada tujuh kecamatan atau terbagi dalam 33 kelurahan di wilayah tersebut.

KPU Kota Dumai selanjutnya akan melaporkan hasil pleno penetapan DPT Pilpres kepada KPU ProVinsi Riau dan diteruskan kepada KPU pusat untuk menunggu ditetapkan secara nasional.

Sebelumnya pada 17 Mei lalu, lembaga penyelenggara pemilu itu sudah menetapkan jumlah daftar pemilih sementara hasil pemutakhiran untuk Pilpres di Dumai sebanyak 209.962 jiwa warga yang terdiri dari pemilih laki-laki 103.865 jiwa dan perempuan 97.097 jiwa.

Jumlah pemilih terbesar Kecamatan Dumai Timur sebanyak 43.608 jiwa, kemudian Kecamatan Dumai Selatan 36.200 orang, Kecamatan Dumai Kota 35.648 warga dan Kecamatan Dumai Barat 26.840 orang.

Lalu Kecamatan Bukit Kapur 28.117 pemilih, Kecamatan Sungai Sembilan dengan 22.891 jiwa dan Kecamatan Medang Kampai 7.503 orang.

Pemilu Presiden 9 Juli 2014 diikuti dua pasangan capres dan cawapres, yakni Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dengan nomor urut 1 dan Joko Widodo-Jusuf Kalla dengan nomor urut 2.