5.586 PPS keperluan pilkada serentak kabupaten/kota se Riau dilantik

id pps, dilantik, kpu

5.586 PPS keperluan pilkada serentak kabupaten/kota se Riau dilantik

Sejumlah anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) diambil sumpahnya saat pelantikan di Kota Dumai, Riau, Minggu (26/5/2024). Sebanyak 108 anggota PPS di 36 kelurahan se-Kota Dumai dilantik dan diambil sumpahnya oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah untuk Pemilihan Gubernur Riau serta Wali Kota Dumai tahun 2024 dan akan berakhir tugasnya pada 27 Januari 2025. (ANTARA/Aswaddy Hamid)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 5.586 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang bertugas pada pemilihan kepala daerah (Pilkda) serentak 2024 se-Provinsi Riau telah dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Hingga hari ni, 12 KPU Kabupaten/Kota sudah melaksanakan Pelantikan PPS Pilkada Serentak Tahun 2024," kata Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi, Hubungan Masyarakat dan SDM KPU Provinsi Riau, Nugroho Noto Susanto,di Pekanbaru, Ahad.

Dikatakan dia, 5.586 anggota PPS yang dilantik tersebut merupakan hasil seleksi secara serentak di kabupaten/kota se-Riau beberapa waktu lalu.

Dari 5586 tersebut sebahagian besar adalah PPSyang bertugas pada Pemilu Presiden dan legislative Februari lalu, sisanya peserta baru yang kesemuanya itu sudah mengucap sumpah janji sebagai penyelenggara Pilkada 2024.

"Semoga PPS yang baru dilantik ini dapat segera menyesuaikan diri dengan pekerjaan tahapan pilkada," katanya.

Nugroho juga berpesan kepada PPS yang baru dilantik bahwa PPS se- Provinsi Riau yang baru saja dilantik ini adalah orang-orang pilihan untuk mengemban amanah sebagai penyelenggara Pilkada, baik itu Pilgub Riau maupun Pemilihan Bupati/Wali Kota, maka tunaikan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya.

"Marwah Pilkada ada di tangan penyelenggara pemilihan, ia meminta PPS miliki integritas, soliditas, loyalitas yang harus dijaga.

Ingat, saudara dilantik hari ini dalam kapasitas saudara sebagai Penyelenggara Pemilihan untuk melaksanakan Pilkada Beradab di Provinsi Riau. Maka bersikaplah sebagai penyelenggara Pemilihan," katanya.

Seperti diketahui Pilkada serentak 2024 tidak lama lagi, sekitar enam bulan efektif lagi akan diselenggaakankita sudah akan melakukan pemungutan suara, maka lakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara.

"Tunjukkan bahwa saudara adalah anggota PPS terpilih yang terbaik. Wujudkan inovasi-kreasi yang terbaik untuk Pilkada Beradab 2024 di wilayah saudara masing-masing," pungkasnya.