Polda Riau serahterimakan 15 senjata api dan 550 amunisi pada lapas/rutan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Kemenkumham

Polda Riau serahterimakan 15 senjata api dan 550 amunisi pada lapas/rutan

Polda Riau serahterimakan 15 unit senjata api dan 550 amunisinya pada 5 UPT Lapas/Rutan di Riau. (ANTARA/HO-Kemenkumham Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Kepolisian Daerah Riau melalui Direktorat Intelijen dan Keamanan (Intelkam) ini menggelar acara serah terima senjata api laras pendek dan amunisinya kepada 5 Lapas dan Rutan di Riau, Selasa (27/2). Senpi dan amunisinya ini merupakan pengadaan barang milik negara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Tahun Anggaran 2023. Acara yang berlangsung di Ruang Intelkam Polda Riau ini merupakan bagian dari upaya peningkatan keamanan di lingkungan UPT Pemasyarakatan Riau.

Dalam kegiatan ini, diserahkan total sebanyak 15 senjata api laras pendek beserta 550 amunisinya. Rinciannya adalah Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian menerima 3 unit senpi dan 150 buah amunisi, sedangkan Lapas Kelas IIB Selatpanjang, Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan, Rutan Kelas IIB Dumai dan Rutan Kelas IIB Rengat masing-masing menerima 3 unit senpi dan 100 buah amunisi. Selain itu, 5 lapas/rutan ini juga masing-masing menerima 3 buah Kartu Penguasaan Pinjam Pakai (Pengpin) Senpi, 6 buah magazien, 6 buah pembersih senpi, 3 buah hoster senpi, dan 3 buah sarung magazien.

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau Budi Argap Situngkir mengungkapkan bahwa pengadaan berupa senjata api dan amunisinya bermanfaat sebagai bentuk pertahanan untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan dan gangguan keamanan dan ketertiban pada Lapas dan Rutan.

Sebelumnya, pada 29 Januari 2024 lalu, telah dilakukan tespsikologi bagi penanggungjawab pemegang senjata api yang hasilnya semua peserta telah lulus. Tes ini menegaskan kesiapan mereka dalam mengelola senjata dengan penuh tanggung jawab.

Kanwil Kemenkumham Riau berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan keamanan dan ketertiban di lapas/rutan/LPKA demi menjaga kondusifitas lingkungan yang aman dan terkendali. Serah terima senjata api ini diharapkan dapat menjadi langkah positif dalam upaya tersebut.