Polandia jajaki kerja sama berbagai bidang dengan Pekanbaru

id Kedutaan Besar Polandia, jajaki kerja sama, Kota Pekanbaru Riau

Polandia jajaki kerja sama berbagai bidang dengan Pekanbaru

Wakil Duta Besar Polandia untuk Indonesia Piotr Firlus di Kedutaan Besar Polandia di Jakarta, Jumat (6/10/2023). (ANTARA/Asri Mayang Sari)

Pekanbaru (ANTARA) - Kedutaan Besar Polandia menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kota Pekanbaru di berbagai bidang dengan mendatangi pihak pemerintahan, kalangan usaha dan perguruan tinggi di Ibukota Provinsi Riau tersebut pada 19-21 Februari 2024.

Wakil Kepala Misi Kedutaan Besar, Piotr Firlus dalam keterangan di Pekanbaru, Minggu, mengatakan, pihaknya

melihat Kota Pekanbaru sebagai salah satu pusat perekonomian utama di Indonesia.

Daerah ini memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian regional dan nasional.

"Kegiatan ekonomi kota ini meliputi perdagangan, industri dan jasa, menjadikannya pusat bisnis dan perdagangan yang penting di wilayah tersebut. Polandia saat ini menduduki peringkat ke-21 dalam perekonomian global dengan PDB sebesar 600 miliar USD dan jumlah penduduk 40 juta jiwa," katanya.

Menurut dia, laju pertumbuhan ekonomi Polandia serupa dengan kinerja perekonomian Indonesia.

"Kami melihat adanya ruang untuk bersinergi dan bekerja sama di banyak bidang, seperti energi, kesehatan, dan digitalisasi atau transportasi," katanya.

Untuk mempromosikan kerja sama tersebut Piotr Firlus berencana bertemu dengan Wali Kota Pekanbaru. Piotr Firlus juga akan menghadiri acara tersebut bersama perwakilan Kamar Dagang dan Industri Provinsi Riau.

Dia melihat digitalisasi dan transportasi khususnya sebagai sektor yang menarik untuk dikerjasamakan. Perusahaan Polandia menawarkan solusi terbaik dalam digitalisasi berbagai proses bisnis serta solusi keamanan siber.

Dikatakannya, seluruh sektor usaha industri perlu menerapkan solusi teknologi informasi guna menjaga daya saing. Perusahaan-perusahaan Polandia, kata dia, dapat menjadi mitra yang dapat diandalkan dalam hal ini.

"Transportasi, termasuk kereta api dan energi, termasuk efisiensi energi, juga berpotensi untuk dikerjasamakan," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, Kedutaan Besar Polandia mendorong kerja sama pendidikan dan ilmu pengetahuan yang dapat melibatkan proyek penelitian bersama, pertukaran akademik dan kemitraan antar institusi.

Pendekatan kolaboratif ini dapat meningkatkan pertukaran pengetahuan dan keahlian antara Polandia dan Indonesia.

“Setiap tahun semakin banyak pelajar asal Indonesia yang berangkat ke Polandia untuk belajar. Jumlahnya lebih dari 100-200 setiap tahunnya. Para siswa senang dengan kualitas pendidikan. Polandia menawarkan lingkungan yang sangat ramah, tempat-tempat menarik untuk dikunjungi dan biaya hidup yang terjangkau,” ucap Piotr Firlus yang juga akan bertemu dengan perwakilan perguruan tinggi di Pekanbaru dalam rangka mendorong pertukaran akademik, termasuk pertukaran pelajar.

Polandia dan Indonesia telah menjalin hubungan diplomatik selama hampir 70 tahun dan bekerja sama di berbagai sektor, termasuk politik, perdagangan, investasi, dan kerja sama antar masyarakat.

Hubungan bilateral seringkali mencakup pertukaran ekonomi, politik, budaya, dan ilmu pengetahuan. Untuk menjajaki semua peluang untuk memperkuat kerja sama dengan Indonesia, Kedutaan Polandia juga menjangkau wilayah-wilayah terpenting dan terkemuka di Indonesia.