Rektor UNRI buka peluang kerja sama saat dengan Jepang

id Unri, sushmu

Rektor UNRI buka peluang kerja sama saat dengan Jepang

Rektor Universitas Riau Prof Dr Sri Indarti SE Msi (kanan) saat menyambut kedatangan Takonail Susumu. (ANTARA/HO-unri)

Pekanbaru (ANTARA) - Rektor Universitas Riau (UNRI) Prof Dr Sri Indarti SE Msi menyambut hangat kedatangan TakonailSusumu Konsulat Jendral Jepang wilayah Medan dan sekitarnya di Ruangan Kerja Rektor Gedung Rektorat Universitas Riau.

Maksud kedatangan Konsulat Jendral Jepang berkunjung ke UNRI adalah untuk menjalin silahturrahmi dengan perguruan Tinggi wilayah Kerja dari Konsulat Jepang yang meliputi Sumatera Bagian Tengah.

Pada kesempatan tersebut, Rektor di dampingi Wakil Rektor Bidang Akademis Dr Mexsasai Indra SH MH, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keungan Dr Agus Sutikno SP MP, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Hermandra SPd MA, Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerjasama dan Sistem Informasi Dr Ir Syofian Husein Siregar Mphil, serta Koordinator Program Studi Bahasa Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dr Merri Silvia Basri SS MSi

Menurut Rektor UNRI, banyak hal yang bisa dibahas di antaranya peluang kerjasama antara Universitas Riau dengan Jepang, baik itu dari sisi perguruan tinggi, Pemerintah Jepang maupun dengan swasta yang ada di Jepang.

“Kita memikirkan bagaimana agar kerja sama dengan Jepang terus kita tingkatkan. Banyak dosen kita juga lulusan Jepang, sehingga Jepang bukanlah orang baru bagi kita, melainkan mitra kita yang telah lama berjalan bersama,” sebut Rektor UNRI.

Senada dengan Rektor, Dr Ir Syofian Husein Siregar selaku Wakil Rektor Bidang Kerjasama Perencanaan dan Sistem Informasi berharap ada visiting lecture, join research, students exchange, dan kerja sama lainnya.

‘’UNRI ini memiliki kekuatan dalam keragaman budaya, yang saya harapkan dapat dikemas dengan baik sebagai bahan kerja sama pertukaran pengetahuan kebudayaan dengan Jepang,” harapnya.

Menanggapi hal tersebutTakonai akan berusaha melakukan komunikasi intensif dengan otoritas Jepang agar apa yang menjadi keinginan Rektor UNRI tersebut dapat segera terealisasi,

"Kami disini (Konsulat Jendral Jepang red) hadir sebagai perpanjangan tangan pemerintah Jepang, tentunya apa yang menjadi keinginan bu Rektor untuk menjalin Kerja sama akan sangat berati bagi kami,’’ ungkap Takonai Susumu.