Media di Dumai apresiasi upaya Apical Group bangun kemitraan

id Apical, apical dumai

Media di Dumai apresiasi upaya Apical Group bangun kemitraan

Suasana kegiatan sharing session dengan Apical Group. (ANTARA/A Razak)

Dumai (ANTARA) - Media Sharing Session Apical Group di Kota Dumai disambut baik banyak jurnalis karena selain mempererat hubungan silaturahmi, juga meningkatkan kualitas kewartawanan dengan menghadirkan narasumber kompeten di bidang digital media dan pers nasional.

Apical Group di Dumai dengan dua pabrik yaitu PT Sari Dumai Sejati dan PT Sari Dumai Oleo ini mengadakan ajang temu ramah dengan wartawan melalui kegiatan Media Sharing Session untuk membangun citra positif perusahaan dan komunikasi jangka panjang bersama awak media, Jumat (10/11) di Dumai.

Dua narasumber dari Jakarta yang dihadirkan yakni Bidang Kehumasan Apical Groupyaitu SEO Manager RGE Group Ian Hariananda dan jurnalis senior sekaligus pemimpin redaksi www.katadata.co.id Yura Syahrul, dan satu narasumber lokal yakni Bambang Hendriyanto selaku Pemred Harian Dumai Pos.

SEO Manager RGE Group Ian Hariananda memaparkan tentang pengelolaan media online dari segi bisnis dan persaingan serta optimalisasi website. Pemimpin Redaksi katadata.co.id Yura Syahrul menjelaskan seputar kemajuan jurnalisme, etika dan aturan serta tantangan wartawan di tengah gempuran media sosial di platform digital.

Kemudian, Pemred Koran Dumai Pos Bambang Hendriyanto menjadi narasumber yang menjelaskan kondisi jurnalisme lokal dan profesi wartawan daerah dalam menyikapi kemajuan era digital saat ini.

Seorang peserta kegiatanRidwansyah dari sekilasriau.com menilai kegiatan diadakan Apical dan dihadiri juga CorcomApical Jakarta Vanda Kusumaningrum ini sangat positif untuk meningkatkan kualitas pers mengikuti kemajuan teknologi digital dan membangun komunikasi lebih erat bersama perusahaan.

Apical yang beroperasi juga di Padang, Balikpapan dan Kutai ini, lanjut Ridwan, turut berkontribusi memajukan pers di Dumai dengan komunikasi terbuka dan mengundang pemateri yang ahli di bidang jurnalisme. Wartawan mengikuti kegiatan ini mendapatkan banyak pengetahuan baru untuk pengembangan diri dan pengelolaan media.

"Tidak banyak perusahaan di Dumai yang membuka komunikasi dengan wartawan. Apical salah satu investasi yang terbuka dan berhasil membangun kemitraan dengan media. Kami sangat mengapresiasi kegiatan sharing media ini karena turut memberikan pencerahan bagaimana cara menjadi wartawan profesional dan mengelola media dengan baik," kata Ridwan.

Peserta lainnya, Ahmad Saluri dari www.porosriau.com turut merasakan adanya itikad baik Apical Dumai dianggap sangat menjaga hubungan kemitraan dengan wartawan, salah satu melalui kegiatan media sharing tersebut. Karena Apical Dumai memandang media merupakan mitra strategis dalam membangun citra positif perusahaan.

"Materi disampaikan sangat bagus dan mendukung kerja peliputan wartawan dan pengelolaan media online. Semoga Apical lebih intens bermitra dengan media untuk keberlangsungan aktivitas perusahaan yang aman dan kondusif," kata Ahmad.

Perwakilan Manajemen Apical Dumai Martin Soekandar menjelaskan tujuan dari kegiatan Media Sharing Session ini karena sebagai mitra strategis diperlukan peran serta media dalam membangun citra positif perusahaan di tengah masyarakat.

Dalam upaya menjaga eksistensi perusahaan, bidang kehumasan Apical terus meningkatkan keberhasilan komunikasi jangka panjang dengan insan pers agar saling bekerjasama baik.

"Kami mau hubungan jangka panjang bersama media agar terbangun konsistensi antara kinerja nyata dan citra positif yang dikomunikasikan. Kontribusi media berpengaruh terhadap kelangsungan perusahaan, karena itu kehumasan Apical berupaya meraih keberhasilan komunikasi," kata Martin Soekandar.

Untuk menyemarakkan kegiatan Media Sharing Session ini, sejumlah pertanyaan dilempar ke peserta atau kuis dengan hadiah menarik dari Apical, kemudian dilanjutkan penyerahan piagam kepada tiga narasumber dan apresiasi kepada pekerja senior Kamero Bangun atas kontribusi memajukan kehumasan Apical.