Kakanwil Kemenkumham Riau tinjau pembangunan Lapas Narkotika Rumbai

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Kemenkumham

Kakanwil Kemenkumham Riau tinjau pembangunan Lapas Narkotika Rumbai

Kakanwil Kemenkumham Riau tutup kegiatan rehabilitasi sosial dan tinjau Pembangunan Lapas Narkotika Rumbai (ANTARA/HO-Kemenkumham Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi pelayanan prima kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP), Lembaga Pemasyarakatan Khusus Narkotika Kelas IIB telah melaksanakan kegiatan pembinaan rehabilitasi sosial bagi tujuh puluh orang WBP, sejak 28 Maret 2023 sampai dengan 30 September 2023 lalu. Untuk itu, menutup kegiatan rehabilitasi selama enam bulan ini, Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, MJahari Sitepu didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan, Mulyadi hadir di Lapas Khusus Narkotika Rumbai untuk memantau sekaligus menutup kegiatan tersebut pada Senin, (9/10).

Kegiatan yang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya ini turut dihadiri oleh berbagai pihak yang terlibat, yaitu Kepala Puskesmas Rumbai Timur, Perwakilan BNNK Pekanbaru, dan jajaran Ikatan Konselor Adiksi Indonesia provinsi Riau, hingga Kepala Bidang Pelayanan Tahanan Perawatan Kesehatan Rehabilitasi Pengelolaan Basan Baran dan Keamanan Kanwil Kemenkumham Riau, serta Kepala UPT Pemasyarakatan se-Kota Pekanbaru,

Selanjutnya setelah WBP peserta rehab menggelorakan yel-yel dengan begitu semangat, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan oleh salah seorang WBP peserta rehab atas pelaksanaan kegiatan rehabilitasi sosial ini.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam berjuang melawan adiksi dan kebiasaan buruk yang telah kami lakukan selama ini, mulai dari bapak Kakanwil, Kadivpas, Kalapas, hingga para konselor adiksi Indonesia serta jajaran petugas LPN dan teman-teman seperjuangan semua. Kami berjanji akan terus berbenah diri, dan berubah menjadi lebih baik", ungkap Satria yang telah dinyatakan sukses menjalani program ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh Kalapas Narkotika Rumbai, Sugharto. "Kegiatan pembinaan rehabilitasi sosial ini kami laksanakan selama enam bulan ini dengan penuh komitmen di seluruh jajaran, dengan harapan agar semua WBP yang mengikuti kegiatan ini dapat memutus permasalahannya terhadap adiksi ataupun pemikiran yang selalu mengarah kepada narkotika. Kami juga berharap agar kegiatan ini terus terlaksana dengan baik kedepannya, untuk itu kami mohon kesediaan seluruh stake holder untuk terus bersinergi dengan kami dalam mewujudkan hal ini", ujar Sugiharto

Usai menutup kegiatan, Jahari Sitepu menyampaikan apresiasi sekaligus rasa bangga atas terselenggaranya kegiatan ini. "Kami sangat merasa bangga dan sangat berterima kasih atas terlaksananya kegiatan rehabilitasi sosial di Lapas Khusus Narkotika ini. Terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada seluruh pihak yang terlibat, baik untuk Kalapas dan jajaran, hingga para stake holder serta tentunya untuk seluruh WBP yang dengan semangat menjalani dan mengikuti kegiatan ini selama enam bulan.

Kami tentunya mengharapkan kegiatan semacam ini terus terlaksana demi terwujudnya perubahan bagi WBP ke arah yang lebih baik lagi kedepannya. Teruntuk seluruh WBP, kami berpesan untuk tetap semangat dan jangan pernah berputus asa untuk terus berbenah dan memperbaiki diri. Ikuti seluruh arahan dan bimbingan para petugas dan konselor adiksi yang tak kenal lelah membantu kita semua. Dengan mengucap Alhamdulillah, kegiatan rehabilitasi sosial di Lapas Khusus Narkotika Rumbai resmi kami tutup", tutup Jahari.

Dalam kesempatan ini, Kakanwil dan Kepala Divisi Pemasyarakatan serta rombongan menyempatkan diri untuk melakukan pengecekan terhadap pelaksanaan pembangunan di Lapas Narkotika Rumbai. Rombongan melakukan pengecekan terhadap pembangunan blok hunian WBP yang baru untuk memastikan pembangunan terlaksana dengan baik dan lancar serta sesuai dengan prosedur dan perencanaan yang telah disusun sehingga tidak terjadi kesalahan dan penyimpangan selama proses pembangunan berjalan.