Roro Esti jelaskan sejumlah langkah capai SDGs pada sidang IPU di Vietnam

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, SDGs

Roro Esti jelaskan sejumlah langkah capai SDGs pada sidang IPU di Vietnam

Anggota DPR Dyah Roro Esti menjelaskan sejumlah langkah yang harus ditempuh negara-negara untuk mencapai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) saat memimpin Sidang Penutupan Inter-Parliamentary Union (IPU) 9th Global Conference of Young Parliamentarians di Kota Hanoi, Vietnam (ANTARA/Dokumentasi pribadi)

Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR Dyah Roro Esti menjelaskan sejumlah langkah yang harus ditempuh negara-negara untuk mencapai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) saat memimpin Sidang Penutupan Inter-Parliamentary Union (IPU) 9th Global Conference of Young Parliamentarians di Kota Hanoi, Vietnam.

"Langkah pertama adalah mempercepat transformasi digital, inovasi, dan juga start up sebagai fondasi dari pembangunan, sehingga dapat terwujudnya pertumbuhan ekonomi yang andal," katanya dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Sesi penutupan Sidang Paripurna IPU itu dihadiri antara lain Ketua Parlemen Vietnam Vuang Dinh Hue, Presiden IPU Duarte Pacheco, serta sekitar 300 anggota parlemen sedunia.

"Kami telah membahas banyak hal dalam beberapa hari terakhir ini. Pada hari pertama, kami melihat kemajuan dalam SDGs dan peran transformasi digital, inovasi, dan start-up untuk membantu kami mempercepat kemajuan," ujar Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR tersebut.

Kemudian, lanjut Roro Esti, saling menghargai dan menghormati adanya keberagaman budaya juga menjadi salah satu langkah dalam mempercepat target SDGs sesuai dengan semboyan Indonesia yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

Menurut dia, walaupun ada perbedaan dalam budaya, etnis, dan lainnya, namun tidak memengaruhi pertumbuhan pembangunan dalam suatu negara.

"Maka, berpegang teguh dengan prinsip Bhinneka Tunggal Ika dan semangat gotong royong akan berdampak sangat signifikan terhadap pembangunan suatu negara, terkhusus di Indonesia," ucapnya.

Selain itu, percepatan pembangunan juga harus diiringi dengan pemanfaatan teknologi yang digunakan secara positif dan bertanggung jawab untuk mencegah adanya risiko di kemudian hari.

"Hari ini, kita melihat bagaimana memanfaatkan keragaman budaya juga dapat menjadi akselerator untuk mencapai SDGs, serta bagaimana teknologi harus digunakan secara bertanggung jawab, sehingga dapat memanfaatkan kemajuan-kemajuan ini secara positif sekaligus memitigasi risiko," katanya.

Kini, tambah Roro Esti, Indonesia turut mengambil peran dalam mempercepat pembangunan berkelanjutan.

Salah satunya dengan mengikuti sejumlah diskusi dan latihan dengan harapan ketika kembali ke Indonesia dapat diterapkan secara menyeluruh.

"Saat ini, kami telah mengambil bagian dalam sejumlah diskusi dan latihan yang bertujuan untuk membantu kami dalam mengambil tindakan ketika kami kembali ke negara asal kami. Saya harap ini memberi semangat kepada kita untuk tetap melanjutkan percepatan pembangunan di negara masing-masing," ujar Roro Esti.

Baca juga: Roro Esti pimpin pertemuan Young Parliamentarians of AIPA

Baca juga: Anggota DPR Roro Esti menilai kolaborasi lintas negara kunci ASEAN jadi pusat pertumbuhan