Kapolda Riau harap ada polwan yang jabat Kapolres

id Polwan,Polda Riau

Kapolda Riau harap ada polwan yang jabat Kapolres

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal saat ikut dalam olahraga bersama dalam rangka Hari Jadi Polwan ke-75 dan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-71. (ANTARA/Ho-Polda Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal berharap akan ada wanita yang memimpin jajaran Polres di Riau.

Hal itu disebutkan Iqbal usai mengikuti olahraga bersama dalam rangka Hari Jadi Polwan ke-75 dan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-71 di lapangan Brimob Polda Riau, Jumat kemarin.

"Di Riau banyak polwan di posisi strategis, baik Kapolsek, Kasatlantas, Kasubdit, bahkan saya berharap suatu saat nantinya ada polwan yang menjabat Kapolres," sebutnya kepada awak media.

Iqbal menilai polwan memiliki peranan kompleks sebab tak hanya mengabdikan diri di institusi Polri, namun juga berperan sebagai istri serta ibu di rumah.

"Polwan itu multifungsi. Makhluk yang sangat luar biasa. Kodratnya sebagai wanita membuatnya sebagai seorang ibu yang mengasuh anak-anak. Sebagai seorang polisi juga menunjukkan profesionalitasnya dalam melindungi serta mengayomi masyarakat," lanjut Iqbal.

Selain itu, di kesempatan yang sama Iqbal juga mengapresiasi Bhayangkari yang selalu bergerak di bidang sosial dan menunjang tugas Polri.

Para Bhayangkari tak hanya sekedar perkumpulan istri-istri Polri, namun banyak pula yang berprofesi sebagai dokter, banker dan pengusaha. Namun mereka juga fokus berperan sebagai istri dan ibu. Sehingga sang suami dapat lebih fokus mengabdi pada negeri.

"Maka itu kita gabung olahraga bersama sekaligus fun game karena kita adalah keluarga besar. Dinamika apapun dalam tugas, dengan kolaborasi dan semangat kebersamaan, apapun bisa kita lalui," tutur Iqbal.

Tambahnya, di Hari Jadi Polwan ke-75 ini, para Polwan dapat semakin bagus, baik dan profesional dalam menjalan tugas-tugasnya.