79 petugas gabungan amankan giat festival pacu jalur di Kuansing

id Teluk Kuantan,Kuansing

79 petugas gabungan amankan giat festival pacu jalur di Kuansing

Polres Kuansing Siaga Pada Acara Pacu JaLur (ANTARA/Asri)

Teluk Kuantan (ANTARA) - Polres Kuantan Singingi berupaya turut mensukseskan kegiatan Festival Pacu Jalur (FPJ) kebudayaan di Kuantan Hilir dengan menurunkan puluhan personel gabungan.

"Polres terjunkan 79 polisi pada FPJ yang dilaksanakan 14 - 16 Agustus 2023 tersebut," kata Waka Polres Kuansing Kompol Lilik Surianto di Teluk Kuantan, Selasa.

Menurutnya, pada iven kebudayaan itu, masyarakat membutuhkan pelayanan optimal khususnya keamanan.

Ribuan masyarakat memadati akan memadati Tepian Lubuk Sobae, Kuantan Hilir, yang datang dari berbagai desa untuk menyaksikan acara tersebut.

Sesuai petunjuk, dalam tugas pengamanan, pasukan akan ditempatkan menyebar di 10 titik pos.

Terutama titik yang dianggap rawan gangguan Kamtibmas sesuai Renpam yang sudah dibuat oleh pihak Polres Kuansing sebelumnya.

"Kita berharap dari awal hingga berakhir pelaksanaan event budaya FPJ berlangsung aman, tertib dan kondusif," ujarnya.

Kata Waka Polres, giat pengamanan yang menjadi sasaran objek adalah orang dan barang yang meliputi pengunjung, penonton, hakim juri, pendukung anak jalur dan atlet anak jalur itu sendiri.

Pengamanan barang dimaksudkan adalah Kendaraan Bermotor (Ranmor) roda dua, dan roda empat yang berada di sekitar lokasi parkiran atau arena pacu jalur di Tepian Lubuk Sobae.

Dan, untuk mencegah terjadinya Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor), dihimbau kepada pemilik kendaraan khususnya R-2 untuk dapat menggunakan kunci ganda saat memarkirkan kendaraannya dengan baik.

Namun demikian, agar berjalan aman, lancar diminta semua pihak berperan aktif.