DPRD Riau khawatir rasionalisasi anggaran ganggu persiapan Porwil Sumatera

id Porwil, Sumatera, DPRd Riau

DPRD Riau khawatir rasionalisasi anggaran ganggu persiapan Porwil Sumatera

Para pemian yang sebagian sudah memenuhi panggilan Asprov PSSI Jambi untuk ikut seleksi pemain tim Pra PON Jambi pada ajang Porwil se-Sumatera tahun ini di Riau.(ANTAR/HO/Humas PSSI Jambi)

Pekanbaru (ANTARA) - Pekan Olahraga Wilayah Sumatera XI akan digelar di Provinsi Riau pada November 2023 ini. Sejumlah persiapan sedang dilakukan untuk mensukseskan iven olahraga se-Sumatera tersebut.

Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho di Pekanbaru, Senin menyampaikan berdasarkan rapat antara Tim Anggaran Pendapatan Daerah Riau dan Banggar DPRD Riau pada tahun ini akan terjadi rasionalisasi anggaran pada postur APBD Perubahan. Kondisi ini dikhawatirkan akan mengganggu anggaran untuk pelaksanaan Porwil 2023.

"Tentang persiapan porwil kami dengar rapat TAPD bahwa ada menyinggung soal rasionalisasi pada tahun ini. Sementara dana untuk Porwil kan belum dianggarkan di APBD murni, baru diusulkan di APBD Perubahan. Ini agak sedikit riskan karena dikhawatirkan mengganggu anggaran Porwil," kata dia.

Terlebih lagi, kata Agung, usulan anggaran pelaksanaan Porwil belum dibahas secara resmi. Sehingga dia belum mengetahui secara pasti berapa anggaran yang dibutuhkan.

"Kita masih belum lihat seperti apa usulan anggaran untuk Porwil ini karena pembahasan untuk APBD Perubahan belum disampaikan secara resmi oleh TAPB Dan Banggar. Jadi kita dudukan dulu secara jelas anggaran ini seperti apa, terkait rasionalisasi, sumber pendapatannya, aturannya seperti apa, disepakati atau tidak," kata dia.

Agung memintaagar sejumlah pihak menyikapi kondisi ini agar tidak berdampak pada kegiatan seperti Porwil dan kegiatan lainnya.

"Jadi bagaimana agar kita sikapi agar tetap terlaksana dengan baik Porwil ini," kata dia.

Untuk masalah waktu, kata Agung, memang agak mepet antara pembahasan anggaran porwil belum dilakukan sementara iven ini akan dilaksanakan sebentar lagi. Tapi dirinya optimis kegiatan Porwil akan terlaksana dengan baik.

Sebagai informasi pada pertandingan nanti ada 10 cabang olahraga yang akan dipertandingkan diantaranya barongsai, renang, atletik, e-sport, wushu, bola voli, bola tangan, takraw, sepak bola, dan catur.

Gubernur Syamsuar dalam arahannya menyampaikan agar panitia Korwil mempersiapkan secara sungguh-sungguh terkait tugas yang menjadi kewenangan Riau sebagai tuan rumah. (Adv)