BNPB Kumpulkan Seluruh Kades Riau Bangun Embung

id , bnpb kumpulkan, seluruh kades, riau bangun embung

  BNPB Kumpulkan Seluruh Kades Riau Bangun Embung

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan mengumpulkan seluruh kepala desa dan lurah dari berbagai kabupaten kota di Provinsi Riau untuk diberikan pengarahan membangun embung atau cekungan penampung air (retention basin).

"Terutama di daerah-daerah rawan terjadi kebakaran lahan, selayaknya dibangun embung cukup besar sehingga saat terjadi kebakaran lahan, petugas tidak kesulitan untuk mencari sumber air," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif kepada pers di Posko Satuan Tigas (Satgas) Penanggulangan Bencana Kabut Asap Riau di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan, direncanakan ribuan kades dan lurah tersebut akan dikumpulkan pada Jumat (7/3), diberikan pengarahan untuk bersama membangun embung dan cara lainnya untuk menanggulangi terjadinya kebakaran lahan di Riau.

Termasuk juga di kawasan perkebunan, hutan tanam industri, menurut dia juga laik dibangun embung agar memudahkan kerja petugas dalam memadamkan titik kebakaran lahan yang terjadi di sekitarnya.

Syamsul mengatakan, embung-embung tersebut sangat penting dibangun di seluruh pedesaan atau kawasan hutan dan lahan, karena belajar dari pengalaman, setiap upaya pemadaman kebakaran lahan selalu air menjadi kendalanya.

Makanya, kata dia, saat ini akan terus menerus dilakukan upaya hujan buatan melalui Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dengan harapan apabila terjadi hujan, maka embung-embung tersebut sudah terisi air.

"Kami menargetkan, pada Maret ini embung-embung tersebut sudah ada di tiap desa, khususnya di wilayah rentan teradi kebakaran lahan. Ini embungnya harus yang besar agar kapasitas airnya cukup banyak," katanya.