BKKBN Perwakilan Riau dorong pembentukan Duta GenRe percepat penurunan stunting

id BKKBN Riau

BKKBN Perwakilan Riau dorong pembentukan Duta GenRe percepat penurunan stunting

Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Riau Mardalena Wati Yulia bergiat akan meningkatkan jumlah Duta GenRe di Riau. Foto bersama Wagub Riau Deputi BKKBN dan pengurus Kampung KB berkah Bersama . Antara/Frislidia.

Pekanbaru (ANTARA) - Aparatur Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Riauterus mendorong daerah membentuk duta GenRe per desa/kelurahan untuk mendukung upaya menurunkan prevalensi stunting/tengkes.

"Peran Duta GenRe melalui kegiatan generasi berencana itu, penting dalam percepatan penurunan tengkes, karena melalui remaja mereka bisa memotivasi para pendidik/konselor remaja menyiapkan remaja sebagai calon pasangan pengantin yang akan membangun keluarga yang berkualitas dan melahirkan generasi berkualitas," kata Kepala BKKBN Provinsi RiauMardalenaWati Yulia di Pekanbaru, Senin.

Upaya untuk meningkatkan jumlah Duta GenRe di Riau terkait data Direktorat Bina Ketahanan Remaja (Dithanrem) 10 Februari 2023 Riau telah membentuk sebanyak 233 Duta GenRe di 1.876 desa/kelurahan atau masih rendah (12,42 persen) itu.

Ia mengatakan, baru baru ini Kampung KB berkah bersama Binaan Disdalduk KB Kota Pekanbaru mengukuhkan duta GenRe mereka yang menjadi kekuatan untuk memulai dari hulu upaya percepatan penurunan prevalensi tengkes di Riau.

Selama ini kata Mardalena Lagi, pembentukan Duta genRe baru ada di tingkat kabupaten dan kota, dan keberadaan mereka itu dinilai belum maksimal untuk menyebarkan nilai-nilai generasi berencana ke seluruh pelosok Riau khusus pada tingkat desa/kelurahan.

"Karena itu sepasang Duta GenRe akan menjadi pendidik konselor sebaya. Jika anak yang menasehati teman sebaya mereka akan masuk akal, mengajak mereka diskusi, mengarahkan mereka adalah anak-anak seusia mereka karena mereka jauh lebih nyaman berbicara dengan teman sebaya," katanya.

Ia mengatakan pihaknya akan mendorong peran remaja untuk menggencarkan sosialisasi secara masif terkait tiga hal yakni mengenai menjaga kesehatan reproduksi, zero nikah dini, dan jangan coba-coba narkoba.

Tiga hal sosialisasi ini, katanya lagi, terus digencarkan dalam berbagai momen di Kabupaten Rokan Hilir, Kota Dumai dan daerah lain dalam upaya mempercepat tengkes dari hulu, yakni memberikan pembekalan kepada Duta GenRe tentang ideal usia pernikahan, dan lain-lain.

"Usia Duta GenRe yang bisa menjadi perwakilan dari masing-masing desa/kelurahan adalah usia 10-24 tahun dan status belum menikah, mereka bersedia menjadi duta secara sukarela dan memenuhi syarat," katanya.

Pembentukan Duta GenRe selama ini bisa melalui jalur pendidikan atau jalur masyarakat, pengusulan mereka bisa dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) KB atau dari PKB di lapangan serta dari teman-teman PLKB yang membina mereka,