Off Road Adventure 2023, perkenalkan wisata Danau Kayangan di Pekanbaru

id Indonesia OffRoad Federation (IOF),Off road riau

Off Road Adventure 2023, perkenalkan wisata Danau Kayangan di Pekanbaru

Tim Indonesia OffRoad Federation (IOF) Riau saat melewati jalur lintas. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Indonesia Offroad Federation (IOF) Riau menggelar OffRoad Adventure 2023 di Danau Buatan Kota Pekanbaru yang diikuti puluhan peserta dari berbagai daerah, Minggu (12/3).

Dalam OffRoad Adventure ini, para peserta menjelajah alam, melewati rintangan berlumpur, serta tanjakan licin dan melintasi anak sungai.

Ketua IOF Pengda Riau Haji Sofyan menyampaikan kegiatan tersebut merupakan sarana untuk mengumpulkan Offroader baik di dalam maupun di luarRiau. Selain itu juga sebagai upaya untuk mengenalkan wisata alam Kota Pekanbaru Danau Kayangan atau yang lebih dikenal dengan Danau Buatan.

“Ini kami laksanakan sesuai kalender IOF Pengda Riau. Kami menjelajah alam di wisata Danau Kayangan. Pesertanya bahkan ada dari Malaysia," terang Haji Sofyan.

Hujan turun membasahi jalur lintas jelajah alam danau kayangan. Jalanan licin berlumpur memacu adrenalin para OffRoder berbagai daerah, untuk melintasi rintangan.

“Jalur yang kami lewati Offroad Adventure ini seru sekali, apalagi hujan turun tambah berlumpur, sangat menantang," ujar Jhon Kayo OffRoder asal Kota Bukittinggi.

Menurut ketua panitia OffRoad Adventure, Irmanto Keken Jalur jelajah yang ditempuh peserta ini sejauh kurang lebih 10 kilometer. Para OffRoder melintasi perkampungan dan perkebunan warga dengan titik akhir Danau Kayangan. Di sana para offroader berkemah.

“Setelah berhasil melewati rintangan, para peserta akan beristirahat di Danau Kayangan, atau Danau Buatan Pekanbaru ini. Di sini mereka akan berkumpul sambal bersilaturahmi menikmati wisata alam Kota Pekanbaru," lanjutnya.

Jalur lintas dan pemandangan alam danau kayangan membuat kesan baru bagi pecinta offroad asal Malaysia Borhan Adam atau bob. Kecintaannya di dunia offroad membuat dirinya rela jauh jauh untuk hadir ikut serta dalam OffRoad Adventure Riau 2023.

Selain itu rasa penasaran dengan makan rendang asal Sumatera Barat menjadi target Bob untuk membawa makanan tersebut ke jalur lintas.

“Ini saya lakukan karena saya suka dengan Offroad. Jalurnya menantang, bahkan ada mobil sampai terbalik. Rendang yang saya makan jadi semakin terasa enak sekali,” ujarnya.

Setelah beristirahat melepas lelah di tepi danau, hari kedua jelajah alam danau kayangan memiliki jalur yang cukup pendek namun tetap menantang.

Offroader kali ini melewati perkebunan kelapa sawit yang tidak dilintasi warga dengan kondisi tanjakan terjela dan licin.

Setelah dua hari kegiatan, peserta dari kota Pekanbaru berhasil meraih perolehan nilai terbaik.

Selain menyelenggarakan Offroad Adventure di Danau Kayangan, pengurus IOF juga menggelar bakti sosial dengan memberikan puluhan paket sembako untuk warga kurang mampu di Sungai Ambang, Kecamatan Rumbai.