Presiden Turki umumkan keadaan darurat di 10 provinsi yang terdampak gempa

id Berita hari ini, berita riau terbaru,berita riau antara,Turki

Presiden Turki umumkan keadaan darurat di 10 provinsi yang terdampak gempa

Kondisi dampak dari gempa yang mengguncang Turki. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Selasa (7/2/2023) mengumumkan status keadaan darurat yang akan berlaku selama tiga bulan di 10 provinsi Turki yang terdampak gempa bumi dahsyat. (Xinhua)

Ankara (ANTARA) - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Selasa (7/2) mengumumkan status keadaan darurat yang akan berlaku selama tiga bulan di 10 provinsi Turki yang terdampak gempa bumi dahsyat.

Keputusan itu diambil agar aktivitas pencarian dan penyelamatan serta kajian-kajian yang dilakukan setelahnya dapat dilaksanakan dengan cepat, kata Erdogan dalam konferensi pers.

Korban tewas akibat gempa bumi dahsyat yang melanda Turki selatan pada Senin (6/2) bertambah menjadi 5,434 orang, menurut kementerian kesehatan Turki.

Otoritas Manajemen Bencana dan Kedaruratan (AFAD) Turki menyebutkan bahwa terdapat korban di sejumlah provinsi di Turki selatan, termasuk Kahramanmaras, Adana, Adiyaman, Osmaniye, Hatay, Kilis, dan Malatya, serta sejumlah provinsi di Turki tenggara, yakni Sanliurfa, Diyarbakir, dan Gaziantep.

Gempa bermagnitudo 7,7 mengguncang Provinsi Kahramanmaras di Turki selatan pada Senin pukul 04.17 dini hari waktu setempat (08.17 WIB), yang beberapa menit kemudian disusul oleh gempa bermagnitudo 6,4 di Provinsi Gaziantep, Turki selatan, dan gempa bermagnitudo 7,6 pada pukul 13.24 waktu setempat (17.24 WIB) di Provinsi Kahramanmaras.

Erdogan pada Senin menetapkan masa berkabung nasional selama tujuh hari untuk mengenang para korban, demikian Xinhua.

Baca juga: Christian Atsu dikabarkan selamat, direktur klubnya masih di bawah reruntuhan

Baca juga: Gempa Turki, Kementerian Luar Negeri RI evakuasi 104 WNI yang terdampak