Sebanyak 1.000 pebalap beraksi di ajang Meikarta Autofest 2022

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, pebalap

Sebanyak 1.000 pebalap beraksi di ajang Meikarta Autofest 2022

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia Bambang Soesatyo bersiap mengangkat bendera start permulaan lomba ajang balap bergengsi Meikarta Autofest 2022 di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Selasa. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 1.000 pebalap beraksi di ajang balap bergengsi Meikarta Autofest 2022 yang dilangsungkan di lapangan parkir Central Park Meikarta, Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, pada 12-21 Agustus 2022.

"Ini merupakan ajang festival balap mobil dan motor terbesar tahun ini dengan tujuh kejuaraan nasional dan daerah yang setiap harinya bakal seru selama 10 hari non-stop," kata Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo dalam keterangan pers yang diterima di Cikarang, Selasa.

Ajang ini diikuti 919 pembalap yang turun di Kejurnas Drag Race, 46 pembalap Kejurnas Speed Offroad, 81 pembalap Kejurnas Adventure Offroad, 80 pembalap Kejurnas Sprint Rally, 150 pembalap Kejurda Slalom, 25 pembalap Kejurda Drifting, serta ajang Club Drag Bike.

Bambang meyakini tujuh nomor kejuaraan yang dipertandingkan di ajang akbar ini akan mampu meningkatkan prestasi atlet. Di sisi lain, ajang ini juga memberikan multiplier effect yang besar bagi masyarakat.

"Selain festival balap, Meikarta Autofest 2022 juga menyelenggarakan festival kuliner melibatkan tidak kurang dari 126 UMKM. Ada pula festival musik yang memberikan kesempatan kepada para musisi lokal dan nasional serta para seniman untuk tampil dalam 'live music performance," katanya.

Pria yang juga menjabat Ketua MPR RI itu menegaskan bahwa penyelenggaraan kejuaraan balap membuktikan bahwa ajang olahraga pun dapat menjadi motor penggerak perekonomian daerah hingga nasional.

Dirinya berharap kerja sama keluarga besar IMI dengan Meikarta didukung berbagai pihak yang selama ini telah terjalin dengan baik harus dapat tetap dipertahankan.

"Sehingga kita bisa saling bersinergi dan menguatkan untuk membina dan meningkatkan prestasi atlet sekaligus menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar," ucap dia.

Ajang balap Meikarta Autofest 2022 ini mendapat sambutan meriah dari para penghuni apartemen Kota Meikarta maupun warga sekitar Kota Lippo Cikarang, Kabupaten Bekasi.

"Kami gembira, di lingkungan Kota Meikarta semakin banyak event kelas nasional yang membuat suasana kian hangat," kata Herman salah satu penghuni unit apartemen Meikarta yang menonton keseruan ajang balap.

Sementara penghuni lain Putra mengapresiasi ajang lomba balap ini karena penghuni bisa berada dekat sekali dengan hiburan seru seperti ini, hanya selangkah dari apartemen yang ia huni. Begitu pula bagi pemilik apartemen yang menyewakan unit.

"Ini karena unit penuh, semua tersewa. Harga sewa juga naik, karena permintaan yang banyak. Ya tentu sangat happy dengan adanya event ini," kata Henri pemilik unit yang disewakan.

Saat ini Kota Meikarta memang telah semakin ramai dengan fasilitas taman dan danau buatan terbesar yakni total seluas 105 hektare yang telah mendapat anugerah MURI Award pada tahun 2020 lalu yaitu Central Park Meikarta.

Area Central Park Meikarta ini juga telah berulang kali menjadi arena balapan nasional, termasuk kali ini, Meikarta Autofest 2022, mengingat lintasan yang memadai hingga memenuhi standar perlombaan level nasional.

Baca juga: Hyundai cetak rekor MURI untuk "Tampilan Layar LED Terbesar" di GIIAS 2022

Baca juga: Kualitas dan layanan purna jual andalan Isuzu Indonesia jaga konsumen loyal