Mantan mahasiswa UIN Suska Riau ini mencuri di kampusnya sendiri

id Pencurian di UIN Suska,uin suska, pencuri pekanbaru

Mantan mahasiswa UIN Suska Riau ini mencuri di kampusnya sendiri

Pelaku pencurian yang diamankan di UIN Suska Riau (ANTARA/Ho-Polsek Tampan)

Pekanbaru (ANTARA) - Pria berinisial AS (29) diringkus pihak keamanan setelah tertangkap tangan tengah berusaha mencuri di gedung dosen UIN Suska Riau yang tengah mangkrak pembangunannya, Senin (8/8) sekitar pukul 16.00 WIB.

Kanitreskrim Polsek Tampan AKP Aspikar di Pekanbaru, Rabu, menjelaskan penangkapan bermula saat petugas keamanan mendapat informasi bahwa ada pria yang mencurigakan di sekitar lokasi, dan melakukan pengintaian.

Namun saat diintai, pelaku menyadari dan langsung melarikan diri, namun berhasil diamankan. Saat dibawa ke lokasi pencurian, ditemukan dua karung goni yang telah diisi dengan alat-alat mesin pendingin, yang diambilnya dari lantai empat gedung tersebut.

"Selain dua goni yang berisikan hasil curian, ditemukan pula alat-alat yang digunakannya saat melancarkan aksinya," sebut Aspikar.

Berdasarkan hasil interogasi, AS mengakui telah melakukan pencurian di lokasi yang sama di kampus tersebut sebanyak lima kali.

"Ia mengetahui di lokasi tersebut ada barang-barang yang bisa dicuri karena ia merupakan mantan mahasiswa di Fakultas Syariah dan Hukum angkatan 2013 di universitas tersebut. Namun pendidikannya tak selesai," lanjutnya.

Setelah diringkus petugas keamanan, petugas Reskrim Polsek Tampan langsung mendatangi tempat kejadian dan membawa tersangka beserta barang bukti untuk proses penyidikan.

Kini AS harus mendekam di balik ruang tahanan Mapolsek Tampan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. AS disangkakan atas pasal 362 KUHP dengan ancaman paling lama 5 tahun penjara.

Sebelumnya di Juli lalu, petugas keamanan UIN Suska juga berhasil menggagalkan upaya seorang pria saat akan mencuri sepeda motor di lingkungan Kampus. Walau sempat melarikan diri dengan sepeda motor curiannya, pelaku berhasil ditahan oleh petugas hingga terjatuh dan mengakibatkan kakinya patah.

Baca juga: Polisi Inhil ringkus warga Jambi pencuri uang perusahaan

Baca juga: Pencuri besi penyangga tower Sutet PLN di Kampar diringkus polisi