Rusia pilih tidak akan berpartisipasi dalam sesi khusus UNHRC bahas Ukraina

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Rusia

Rusia pilih tidak akan berpartisipasi dalam sesi khusus UNHRC bahas Ukraina

Foto yang diabadikan pada 10 Maret 2022 ini menunjukkan Kremlin di Moskow, Rusia. (ANTARA/Bai Xueqi/Xinhua)

Moskow (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri Rusia pada Selasa (10/5) mengatakan bahwa Rusia memilih untuk tidak berpartisipasi dalam sesi khusus Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Human Rights Council/UNHRC) mendatang untuk membahas Ukraina, dan menyebut acara itu bersifat bias.

"Sayangnya, argumen dan penjelasan kami mengenai tujuan sebenarnya dari operasi militer khusus dan situasi di lapangan diabaikan secara total," kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan, mengutip juru bicara Maria Zakharova.

UNHRC pada Senin (9/5) mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan sesi khusus pada Kamis (12/5) "untuk membahas situasi hak asasi manusia (HAM) yang memburuk di Ukraina yang berasal dari agresi Rusia."

"Delegasi Rusia tidak akan melegitimasi pertunjukan politik lainnya yang bias dengan kehadirannya," kata Zakharova.

Dia juga mengatakan bahwa Barat sering kali menggunakan HAM untuk mengejar kepentingan mereka sendiri melalui perilaku oportunistik.

UNHRC tampaknya tidak peduli bahwa reputasinya dapat didiskreditkan, dan badan tersebut berubah menjadi "klub tertutup dari demokrasi sejati" yang memberlakukan aturan di seluruh dunia dan menghukum mereka yang melanggarnya, menurut juru bicara tersebut.

Baca juga: Sekjen PBB Antonio Guterres akan bertemu Putin di Moskow

Baca juga: Indonesia usung "It's Time for Bali" di pameran pariwisata Moskow 2022