DPRD Riau minta Pertamina pastikan stok BBM aman jelang mudik

id DPRD Riau, Pertamina, stok BBM, Mudik

DPRD Riau minta Pertamina pastikan stok BBM aman jelang mudik

SPBU di Pekanbaru. (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Anggota Komisi II DPRD Riau Manahara Napitupulu meminta Pertamina memastikan kesiapan dan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini lantaran diprediksi akan terjadi lonjakan penggunaan BBM pada arus mudik lebaran 2022 ini.

"Kami mengimbau Pertamina Regional Sumbagut (Sumatera bagian utara) untuk memastikan ketersediaan kuota dan stok BBM tercukupi, terlebih dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Mengingat mobilitas masyarakat akan sangat tinggi menggunakan moda transportasi saat lebaran. Ini harus diantisipasi," kata Manahara di Pekanbaru, Kamis.

Manahara berharap tidak ada lagi antrean panjang ketika masyarakat mengisi BBM. Terutama yang menjadi sorotan saat terjadinya kelangkaan BBM jenis biosolar beberapa waktu lalu, akibatnya transportasi umum terpaksa harus rela mengantre di SPBU selama berjam-jam, bahkan ada yang sampai berhenti beroperasi.

"Sebelumnya sempat terjadi kelangkaan. Kita prihatin melihat bus, angkutan umum terpaksa berhenti beroperasi karena susah dapatkan biosolar. Walaupun sebelumnya sempat tersendat. Sekarang sudah ada kemajuan, sudah mulai agak stabil. Saya berharap ini tidak terjadi saat lebaran nanti," papar Manahara.

Kata dia, soal kuota BBM untuk Riau harus menjadi atensi Pertamina. Pemprov Riau untuk mengawasi pendistribusian BBM ini agar tidak ada penyelewengan ketika disalurkan ke SPBU-SPBU. "Kita ingin masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan lancar. Jangan ada kekhawatiran soal kelangkaan BBM ini lagi. Makanya harus dipersiapkan stoknya," ucapnya.