Asita Riau Sambut Baik Putusan Kemenag

id asita riau, sambut baik, putusan kemenag

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Asosiasi Agen Tour dan Travel Indonesia (Asita) Riau menyambut baik dengan dikeluarkannya keputusan bagi yang berangkat ke tanah suci 2013 untuk haji khusus, sebagai dampak pengurangan kuota sebesar 20 persen yang dilakukan Kementrian Agama.

"Dirjen penyelenggaraan haji dan umrah telah mengeluarkan keputusan Nomor D/433 tahun 2013 tentang pedoman pelaksanaan kuota dan kriteria keberangkatan jamaah haji tahun 1434 Hijriah atau 2013 untuk yang khusus," ujar Ketua DPD Asita Riau Ibnu Mas'ud di Pekanbaru, Senin.

Ibnu yang juga Direktur Utama Muhibbah Travel mengatakan, seluruh penyelenggara haji khusus atau yang juga dikenal dengan haji plus yang dilakukan perusahaan biro perjalanan atau travel, sudah menerima surat pemberitahuan pemotongan kuota 20 persen.

Begitu juga dengan daftar nama-nama jamaah yang bisa berangkat untuk melaksanakan ibadah haji tahun 2013 dan ditunda keberangkatannya menjadi tahun 2014, juga sudah dilengkapi Kemenag.

Sedangkan haji reguler, nama-nama jamaah yang bisa berangkat dan di tunda berangkat diserahkan ke Kanwil Kemenag yang berada dimasing-masing provinsi.

"Kami sudah informasikan kepada jamaah calon haji khusus atau plus yang bisa berangkat dan di tunda. Alhamdulillah semua bisa memahami," ucapnya.

Kanwil Kemenag Provinsi Riau mengaku, akibat pengurangan jamaah haji reguler sebesar 20 persen, maka calon jamah haji yang berangkat menjadi berkurang pada tahun ini dari kuota yang diberikan setiap tahun berjumlah 5010 orang.

"Ada pengurangan calon jemaah haji sebanyak 1.002 orang yang berangkat ke tanah suci menjadi 4.008 orang dari kuota yang diberikan 5.010 orang," ujar Humas Kanwil Kemenag Riau, Mansur.

"Akhir pekan lalu kami sudah mengirimkan nama-nama jamaah yang berusia 70 dan 80 tahun, kemudian jamaah yang sudah melunasi dan yang belum. Kemenag hanya meminta data itu saja, belum mengurangi jamaah yang telah mendaftar," katanya lagi.