ASITA Riau perkuat kerja sama Smiling West Java, dongkrak kunjungan turis

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,ASITA

ASITA Riau perkuat kerja sama  Smiling West Java, dongkrak kunjungan turis

Istana Siak menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Provinsi Riau. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Pekanbaru (ANTARA) - Dewan Pengurus DaerahAssociation of the Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) Riau, kini memperkuat kerjasama dengan Smiling West Java, Biro perjalanan wisata Jawa Barat, untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Provinsi Riau.

"Kerjasama ini dibutuhkan karena hampir dua tahun lebih Biro Perjalanan Wisata, stagnan hampir tidak beraktifitas atau hanya 5 persen saja, gara-gara pandemi COVID-19 melanda tanah air dan dunia," kata Pelaksana tugas Ketua DPD ASITA Riau, Dede Firmansyah kepada Antara di Pekanbaru, Jumat.

Menurut dia, Biro Perjalanan Wisata, stagnan hampir tidak beraktifitas atau hanya 5 persen saja, itu pun hanya jualan tiket pesawat saja, tidak ada paket tour yang dibeli oleh wisatawan nusantara (Wisnus) apa lagi wisata mancanegara (Wisman).

Dampak pandemi COVID-19 sangat buruk, katanya menyebutkan mengakibatkan juga 95 persen perusahaan wisata yang beroperasi hasil survei internal DPP ASITA sudah tidak punya karyawan lagi.

"Karenanya perlu diperkuat kembali kerjasama dengan berbagai tours dan travel agencies di tanah air, tahap awal dengan Biro Perjalanan Wisata dari Jawa Barat ini," katanya.

Wisatawan asal Riau yang datang ke Jawa Barat sudah disediakan berbagai kebutuhan seperti ruang pertemuan standar, hotel, tour dan travel, disuguhkan aktraksi wisata, dan MICE, keunggulan lainnya jamuan makan malam hiburan dan doroprize.

Untuk itu, katanya menyebutkan, ASITA Riau akan mengundang Smiling Wets Java ke Pekanbaru pada 18 November 2021. Pada kesempatan tersebut pun, mereka juga akan mengagendakan membawa para wisatawannya berkunjung ke Riau.

Upaya kerjasama ini, katanya lagi, akan bisa mempercepat upaya pemulihan ekonomi di sektor wisata, yang diyakini berdampak ganda sekaligus mendongkrak pendapatan ekonomi masyarakat. Apalagi selama pandemi COVID-19, masyarakat sudah lelah dirumahkan dan ingin segera melepas stres dengan berwisata.