Sambut Ramadhan Warga Dumai Balimau Kasai

id sambut ramadhan, warga dumai, balimau kasai

Sambut Ramadhan Warga Dumai Balimau Kasai

Dumai, Riau, (antarariau.com) - Ratusan warga Dumai, Propinsi Riau direncanakan akan mengikuti kegiatan balimau kasai, atau mandi belimau menyambut 1 Ramadhan 1434 Hijriah di lokasi wisata Pantai Puak, Kecamatan Medang Kampai.

Tradisi dan budaya yang dilakukan umat muslim setiap kali menyambut bulan puasa ini akan dijadikan Walkot Khairul sebagai kalender wisata religi setiap tahunnya di kota yang dipimpinnya.

Pelaksanaan mandi belimau ini, menurut Walkot, dipandang perlu dilestarikan dan dipertahankan karena mengingat juga telah sejalan dengan anjuran Nabi Muhammad SAW dengan penafsiran yang benar dan baik.

"Mandi balimau ini akan dipusatkan di pantai puak, salah satu objek wisata kota Dumai, dan ini akan kita jadikan sebagai kalender wisata religi tahunan daerah ini," ungkap Walikota dalam rilis yang disampaikan Humas dan Infokom Dumai.

Tradisi mandi belimau melekat dengan kebudayaan melayu yang sarat dengan Islam dalam mengaplikasikan acara sambut menyambut datangnya bulan suci Ramadhan melalui beragam corak yang merata dilakukan di bumi lancang kuning Riau.

"Mandi Balimau telah lazim dilakukan para orang tua terdahulu dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan hakikat yang ingin dicapai adalah mensucikan diri," terangnya.

Selain menggiatkan kegiatan balimau kasai ini, lanjut Walkot, setiap masuknya Ramadhan juga diikuti dengan ziarah kubur untuk mendo'akan orangtua dan keluarga yang telah mendahului.

Terkait Ramadhan, Walkot juga telah mengeluarkan seruan kepada seluruh masyarakat Dumai agar menghormati umat muslim berpuasa dengan berpakaian menutup aurat, tidak merokok, makan dan minum di sembarang tempat di tempat umum.

Selain itu, menyerukan para pengusaha hiburan, permainan anak-anak, rumah makan, restoran dan sejenisnya untuk menutup sementara kegiatan dan mengikuti petunjuk waktu-waktu tertentu yang telah diatur oleh pemerintah.