Sambut Idul Fitri, BI Riau sediakan uang tunai Rp5,6 triliun

id BI Riau, ramadhan riau,ramadan 2023

Sambut Idul Fitri, BI Riau sediakan uang tunai Rp5,6 triliun

Ilustrasi - Petugas menata tumpukan uang kertas rupiah saat melakukan persiapan pengisian ATM. (ANTARA/Dhemas Reviyanto)

Pekanbaru (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Riau menyediakan uang tunai Rp5,6 triliun untuk menyambut Ramadan dan Idul Fitri 1444 Hijriyah di wilayah setempat.

Kesiapan ini ditandai dengan peluncuran kegiatan Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2023 oleh BI di Kantor Jalan Sudirman, Kota Pekanbaru, Selasa.

Kepala BI Perwakilan Riau Muhamad Nur mengatakan kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan uang, terlaksananya layanan kas serta edukasi dan komunikasi kepada masyarakat.

"BI memperkirakan kebutuhan uang selama Ramadan dan Idul Fitri sebesar Rp5,6 triliun atau meningkat 2,45 persen dibandingkan realisasi tahun 2022 lalu sebesar Rp5,4 triliun," kata Muhamad Nur.

Ia mengatakan, secara nasional BI menyiapkan Rp195 triliun atau naik 8,22 triliun dibandingkan realisasi tahun 2022 lalu sebesar Rp180 triliun.

Kata dia, nantinya kecukupan kebutuhan uang masyarakat melalui perbankan dengan jumlah uang yang cukup, pecahan yang sesuai dan dalam jumlah kondisi yang kayak edar.

"Kita juga harapkan adanya peningkatan kepedulian masyarakat terkait cinta, bangga dan paham rupiah selama Ramadan," katanya.

Berkaitan dengan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK), BI menghimbau masyarakat untuk melakukan penukaran di tempat-tempat penukaran resmi.

Masyarakat dapat melakukan penukaran uang di seluruh unit/cabang perbankan di wilayah Riau, Kas Keliling Bank Indonesia, atau pada kegiatan Layanan Penukaran Uang Bersama Bank Indonesia dan Perbankan. Hal itu bertujuan untuk menghindari risiko pengedaran uang palsu dan dapat lebih akurat dalam jumlah uang yang diterima serta tanpa adanya biaya tambahan.

Pemenuhan kebutuhan uang kartal oleh BI dan perbankan sudah dapat diperoleh masyarakat mulai tanggal 21 Maret sampai 20 April 2023.

"Sementara untuk Layanan Penukaran Uang Bersama Bank Indonesia dan Perbankan akan dilaksanakan pada tanggal 10, 11 dan 12 April 2023 di Halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau. Untuk mengetahui informasi jadwal Kas Keliling Bank Indonesia dan melakukan pemesanan, masyarakat dapat mengakses situs pintar.bi.go.id," pungkasnya.