Plaza Bangkinang Siap Ditempati Juli 2013

id plaza bangkinang, siap ditempati, juli 2013

Plaza Bangkinang Siap Ditempati Juli 2013

Bangkinang, (Antara) - Pembukaan beroperasinya Plaza Bangkinang tinggal menunggu hitungan hari dan pada awal Juli 2013 bendera pusat perbelanjaan itu akan digerek ke atas sebagai pertanda masyarakat sudah bisa menikmati kenyamanan berbelanja di pasar lengkap di kampung sendiri.

Pasar Inpres Bangkinang yang dulu kumuh dan tidak teratur telah disulap menjadi bangunan beton bertingkat, berlantai dua. Fasilitas berbelanja mewah, bersih dan nyaman tidak lama lagi akan dirasakan, sehingga tidak perlu lagi berbondong-bondong ke Pekanbaru hanya untuk berbelanja baju lebaran atau kebutuhan puasa.

“Segera dibuka Juli 2013 Plaza Bangkinang Blok B dan C, investasi terbaik di Kota Bangkinang” demikian isi spanduk yang terpasang di tempok atas bangunan Plaza Bangkinang tersebut.

“Tak lama lagi, masyarakat Kampar akan berbelanja dengan nyaman dan pedagang pun dapat meraup keuntungan yang lebih baik. Para pedagang berjualan di tempatnya masing-masing, utamanya para pedagang lama dari pasar inpres Bangkinang, “ kata Suriyanto, manajer Pelaksana Pembangunan Plaza Bangkinang didampingi Ismed.

Pembangunan fisik blok B dan C sudah siap 95 persen, yang rencananya akan dilaksanakan peluncuran sebelum puasa dan masyarakat sudah bisa berbelanja di Palza Bangkinang, karena permintaan tinggi. Meski belum sempurna namun ini dimaksudkan agar dapat menggerek bendera Plaza Bangkinang sehingga Bangkinang lebih dikenal dan ini diharapkan mampu memecahkan masalah dari daerah yang merupakan anak pemekaran dari Kampa.

Untuk Grand Openingnya diperkirakan awal tahun, atau setelah Pilgubri, setelah semuanya tuntas, seperti Ramayana dan bagian finishing bangunan lainnya, saat ini tinggal penyelesaian administrasi, utamanya pelunasan pembayaran kios dan los, kata dia.

Suriyanto menyatakan sangat berterima kasih kepada masyarakat dan pemerintah daerah yang telah memberikan kesempatan bagi PT Makmur Permata Putra (MPP) berinvestasi di Kabupaten Kampar, meski ada keterlambatan sedikit namun itu bukan karena faktor kesengajaan.

"Kita harus memberikan pemahaman kepada para pedagang untuk bergeser ke tempat penampungan agar dapat mempercepat penyelesaian bagian tepi bangunan gedung," ujarnya.

Pembangunan Plaza Bangkinang sudah dimulai sejak Desember 2013, yang ditarget selesai selama dua tahun, diakuinya ada keterlambatan tiga bulan, namun itu disebabkan faktor eksternal. Masalahnya membutuh waktu untuk memberikan pengertian terhadap teknis penyelesaian. "Alhamdulillah bisa direlokasi sementara, digeser-geser di dekat lokasi saja, agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan segera," ujarnya..

MPP tetap memrioritaskan dan pedagang lama, tinggal penyelesaian administrasi, namun apabila dalam tenggat toleransi sudah habis waktunya, maka hitungan bisnis akan dipertimbangkan, sebab waktu dua tahun cukup lama untuk melunasi pembayaran 30 persen uang muka dan uang angsurannya.

Suryanto mengatakan, bahwa 40 unit ruko yang sudah selesai dibangun itu sudah ada pemiliknya, meski harga jualnya terbilang tinggi, naik 20 persen dari Rp600 juta menjadi Rp750 juta atau Rp800 juta.