Plaza Bangkinang Serap 3.000 Tenaga Kerja

id plaza bangkinang, serap 3000, tenaga kerja

Bangkinang, (Antarariau.com) - Plaza Bangkinang yang mulai beroperasi diperkirakan mampu menyerap sebanyak 3.000 tenaga kerja bila semua tempat yang tersedia sudah terisi oleh penyewa (tenant).

Hal itu dikemukakan Suryanto, pimpinan Ramayana dibawah manajemen PT Makmur Permata Putra yang menjadi tenant terbesar di plaza Bangkinang.

"Saat ini sedikitnya 250 sudah menjadi karyawan Ramayana Departemen store, 40 persen karyawan didatangkan dari luar yang sudah profesional dan 60 persen tenaga lokal, paling tidak diperlukan 600 karyawan di Ramayana saja," ujarnya.

Ia menyatakan, biasanya 40 persen tenaga kerja didatangkan dari luar buat melatih tenaga baru. Mereka ini diberi tugas untuk mentransformasi ilmu yang dimiliki selama tiga bulan. Kemudian pelan-pelan ditarik, karena tidak mungkin karyawan baru bisa menguasasi teknik pelayanan yang baik kepada pembeli dan pengunjung.

Ia sangat yakin, tenaga pengangguran dapat terserap lebih banyak lagi. "Paling minim 3000 karyawan dibutuhkan, saya yakin bisa menolong menyerap banyak pencari kerja," ujarnya.

Keyakinan Suryanto ini semakin kuat setelah melihat kunjungan masyarakat dihari pertama buka kunci pintu Ramayana, Minggu (4/7/2013) yang dihadiri jajaran direksi PT Makmur Permata Putra, PT Lestari Sentosa dan unsur kecamatan, juga Dirut Ramayana Agus Makmur dan Dirut PT MPP Hotman.

Potensi parkir

Ia menyatakan, dimanapun pusat perbelanjaan yang sudah berjalan normal memiliki potensi parkir cukup menjanjikan untuk menambah income perusahaan juga Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Plaza Bangkinang sudah di disain untuk parkir kendaraan pengunjung dan karyawan berkapasitas 1.100 kendaraan, 600 unit sepeda motor dan 500 unit mobil dengan perkiraan durasi kunjungan 2 sampai 3 jam dalam sehari.

"Pihak menejeman telah merancang untuk membangun tempat parkir khusus, hanya saja tidak sekarang, kita harus melihat perkembangan Plaza ini ke depan, tidak tertutup kemungkinan tempat parkir dibangun tersendiri, namun itu juga harus melibatkan pihak pemda Kabupaten Kampar," kata dia

Ia jelaskan, Plaza Bangkinang juga memiliki 3 unit mesin genset masing-masing berkapasitas 1 MW berfungsi ketika over load maupun listrik mati dan ini sangat dibutuhkan apalagi listrik padam hingga berjam-jam dengan menghabiskan BBM jenis solar sebanyak 200 liter perjam.