Riau peroleh bantuan helikopter tangani karhutla

id Pemerintah Provinsi Riau,karhutla riau,riau terima bantuan heli

Riau peroleh bantuan helikopter tangani karhutla

Arsip foto - Pemerintah Provinsi Riau memperoleh satu unit helikopter yang fokus untuk patroli dari BNPB. (ANTARA).

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau memperoleh satu unit helikopter dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengantisipasi dan menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah itu tahun 2024.

"Bantuan helikopter itu memiliki dua fungsi yakni bisa untuk melakukan patroli dan water bombing (menurunkan air secara langsung dari heli)," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau M Edy Afrizal, di Pekanbaru, Senin.

Edi mengatakan helikopter bantuan BNPB ini memiliki kemampuan mengangkut air 800 liter dan ini lebih kecil dibandingkan helikopter water bombing dengan kapasitas angkut air bisa mencapai ribuan liter.

Helikopter itu, katanya bisa juga digunakan untuk water bombing jika dibutuhkan akan tetapi penggunaan helikopter itu fokus untuk patroli, sebab bantuan helikopter water bombing kapasitas angkut air lebih besar lagi segera datang dari BNPB.

"Cuaca di Riau panas, namun beberapa hari terakhir Riau nihil kebakaran, karena sebagian besar wilayah diguyur hujan. Semoga nol karhutla di Riau akan terus begitu," katanya.

Kendati Riau ditinjau dari prakiraan cuaca BMKG bulan Mei 2024 sudah mulai musim panas, namun masih ada turun hujan.

Beberapa bulan sebelumnya katanya, Provinsi Riau juga telah mendapat bantuan helikopter patroli dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk melakukan pengawasan kebakaran hutan dan lahan di provinsi itu.

Forecaster on Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Bella RA mengatakan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi di wilayah setempat.

"Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja. Pada malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Riau antara lain Kabupaten Kampar, Pelalawan, Bengkalis, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Siak dan Kota Dumai," katanya.

BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang, terjadi di sebagian wilayah Kampar, Kuantan Singingi, Rokan Hilir, Indragiri Hilir, Bengkalis, Siak, Indragiri Hulu, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru pada malam hari.

Suhu udara Riau hari ini 22.0 – 33.0 °C dengan kelembapan udara 60-99 persen. Sementara arah angin berhembus ke Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan 10-30 km/jam. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (rendah).