Satgas COVID-19 Riau tunggu hasil uji 30 sampel deteksi Omicron dari Litbangkes

id Satgas COVID-19

Satgas COVID-19 Riau tunggu hasil uji 30 sampel deteksi Omicron dari Litbangkes

Ketua Satgas COVID-19 Indra Yovi. ANTARA/HO-Diskominfotik Riau

Pekanbaru (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 di Provinsi Riau saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan 30 sampel genome whole sequencing (GWS) untuk identifikasi COVID-19 varian Omicron.

"Sejauh ini belum ada laporan Omicron masuk ke Riau. Namun kami masih menunggu 30 sampel lagi yang belum keluar hasilnya dari Litbangkes. Sedang diperiksa genome whole sequencing untuk deteksi Omicron," kata Indra Yofi di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan, pihaknya berharap, semoga hasil tigapuluh sampel tersebut segera keluar dan semuanya negatif Omicron. Namun kewaspadaan tetap harus ditingkatkan, karena kasus terpapar Omicron sudah ada di Jakarta.

Pada kesempatan itu, ia pun mengimbau masyarakat agar dapat menahan diri dan membatasi mobilitas saat hari libur natal 2021 dan tahun baru 2022.

"Jika tidak ada keperluan yang penting, sebaiknya di rumah saja. Dan apa bila terpaksa beraktivitas di luar rumah taati protokol kesehatan, yakni cucui tangan dengan sabun, pakai masker, jaga jarak fisik aman, hindari kerumunan," katanya.