Kantor Samsat Pujud Rokan Hilir resmi beroperasi dan proses 3 kendaraan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, samsat

Kantor Samsat Pujud Rokan Hilir resmi beroperasi dan proses 3 kendaraan

Kantor Samsat pembantu di Kabupaten Rokan Hilir, Riau (Foto: Antara/HO-Humas Jasa Raharja Riau).

Pekanbaru (ANTARA) - Sehari beroperasi perdana Samsat Pujud salah satu kantor Samsat pembantu di Kabupaten Rokan Hilir, Riau resmi beroperasi dan sukses memproses penerimaan pajak 3 unit kendaraan bermotor.

Pemilik kendaraan bermotor antusias memanfaatkan sarana yang melayanipembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan itu karena kantor Samsat pembantu itu makin dekat dijangkau masyarakat.

"Reformasi birokrasi pada setiap instansi mengarahkan kepada perlunya peningkatan pelayanan pada setiap unit organisasi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat," kata Kapolsek Pujud AKP Nur Rahim mewakili Kapolres Rohil.

"Peningkatan sarana dan prasarana berupa pembangunan kantor Samsat pembantu ini menjadi kantor pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ)," ujar Kapolsek Pujud.

Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Riau, M. Iqbal mengatakan, beroperasinya kantor Samsat pembantu di Rokan Hilir ini memberikan kemudahan dan keterjangkauan masyarakat menjalankan kewajibannya yakni membayar pajak tahunan kendaraan sehingga sarana ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Dia mengatakan, keberadaan kantor Samsat pembantu ini penting dengan mempertimbangkan jarak tempuh dan risiko keselamatan warga yang akan membayar pajak kendaraan bermotor mereka.

Untuk proses mutasi, ganti STNK lima tahunan, rubah bentuk dan proses lainnya masih harus dilakukan di Kantor Samsat Induk. Kantor Samsat pembantu ini juga dapat menerima pencetakan SKPD dan pengesahan STNK yang telah dibayarkan melalui aplikasi eSamsat. Adapun jam operasionalnya yaitu Senin- Kamis pada pukul08.00-14.00 WIB dan Jum'at –Sabtu pada pukul 08.00-11.30 WIB.

Saat peresmian Rabu (22/9) kantor Samsat pembantu ini juga disaksikan Camat Pujud, Hasyim SP, Kasat Lantas Polres Rohil yang diwakili Ipda Ilham Naim SAP, Danramil 02/TP yang diwakili Danposramil, Peltu Ilyas, Kepala Bappeda Riau diwakili Kepala Upt Samsat Bagan Batu, Darmalis, Jasa Raharja, Gema Wahyu Utama, Datuk Penghulu se- Kecamatan Pujud serta tokoh masyarakat Kecamatan Pujud.