Koper Jamaah Tak Diangkut, Indonesia Protes Transportasi Haji

id koper jamaah, tak diangkut, indonesia protes, transportasi haji

Koper Jamaah Tak Diangkut, Indonesia Protes Transportasi Haji

Mekkah, (antarariau) - Indonesia secara resmi mengirim surat protes atas pelayanan bus Abu Sarhat yang hanya mengangkut jamaah RI dari Madinah ke Mekkah, namun tidak mengangkut sebagian koper jamaah karena busnya terlalu kecil.

Ketua Daerah Kerja Makkah, Misi Haji Indonesia, Arsyad Hidayat di Mekkah, Jumat, membenarkan telah melayangkan surat protes tersebut karena pelayanan bus Abu Sarhat dinilai mengecewakan dan peranannya tidak sesuai dengan isi kontrak perjanjian bersama.

Surat protes itu ditujukan kepada Wakil Menteri Haji Arab Saudi, Hatim Bin Hasan Qadhi. Telah dua kali barang jamaah ditelantarkan. Para jamaah terganggu karena terpisah dengan barang-barang yang segera diperlukan untuk ibadah.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Indonesia di Arab Saudi, Syaerozi Dimyati, yang menandatangani surat protes itu mengatakan sekitar 400 koper jamaah terpaksa ditinggal karena busnya kecil.

PPIH terpaksa menyewa bus khusus untuk membawa koper tersebut agar jamaah bisa menerimanya segera setelah tiba di Mekkah. Kondisi ini berulang seperti tahun lalu dan PPIH telah mengingatkan agar jamaah mendapat bus sesuai dengan yang dijanjikan, demikian Syaerozi.

Sebelumnya Ketua Muassassah Saudi Arabia wilayah Asia Tenggara Muhammad Zuhair Sedayu saat menyambut kedatangan jamaah pertama yang mendarat di Jeddah 13 hari lalu menyatakan akan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada jamaah haji Indonesia, termasuk di bidang transportasi.