Haji - Koper Jamaah Calon Haji Riau Ditemukan

id haji -, koper jamaah, calon haji, riau ditemukan

Pekanbaru,1/11(ANTARA)- Sebanyak 19 koper jamaah calon haji asal Riau yang sebelumnya hilang, akhirnya ditemukan di Hotel Majid Plaza Sektor II Daerah Kerja (Daker) Madinah.

"Koper tersebut ditemukan pada Jumat malam waktu Arab Saudi. Kepala rombongan, H Darwison yang menyampaikan hal tersebut pada saya," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Riau, H Asyari Nur di Pekanbaru, Senin.

Asyari Nur mengatakan saat ditemukan kondisi 19 koper jamaah Riau asal Kuansing dan Rokan Hulu (Rohul) yang tergabung dalam Kloter 12 Embarkasi Batam (BTH) masih dalam keadaan utuh termasuk barang milik jamaah yang terdapat didalamnya.

"Penemuan koper ini tentu saja sangat menggemberikan. Apalagi, selama seminggu jemaah haji asal Riau terpaksa membeli baju baru karena semua barangnya terdapat di dalam koper tersebut,"jelas dia.

Menurut Asyari Nur , penemuan koper ini merupakan hasil kerja sama yang baik antara petugas dengan pihak perusahaan penerbangan Saudi Airlines.

Sebelumnya, berbagai upaya telah dilakukan untuk menemukan koper tersebut mulai dari melakukan pengecekan ke embarkasi Batam, embarkasi Madinah, sampai Terminal Hijrah. Selain itu juga dilakukan pengecekan ke maktab tempat jamaah tinggal dan sweeping di masing-masing kamar jamaah Batam.

Disinggung mengenai uang uang kerohiman sebesar 200 riyalyang telah dibagikan pada jamaah calon haji atas hilangnya koper mereka, Asyari mengatakan uang tersebut tidak perlu dikembalikan.

"Uang tersebut sebagai pengganti uang jamaah yang dipakai untuk membeli kain ikhrom dan koper ketika mereka kehilangan," katanya.