Sisa Kuota BBM Bersubsidi Dumai Tinggal 11 Ribuan Kiloliter

id sisa kuota, bbm bersubsidi, dumai tinggal, 11 ribuan kiloliter

Dumai, (antarariau) - Disperindag kota Dumai menyatakan, realisasi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Premium periode Januari - Agustus 2012 mencapai 27.006 kiloliter dari kuota 38.818 kiloliter (KL).

Sedangkan pemakaian BBM jenis Solar hanya sekitar 25.815 kiloliter dari total quota 2012 sebanyak 37.275 kiloliter.

Kepala Disperindag Dumai Jamalus, Rabu mengatakan, konsumsi BBM jenis premium dan solar ini secara keseluruhan disalurkan melalui berbagai lembaga penyalur, yaitu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), APMS, SPDN di wilayah pemasaran.

Dia mengatakan, penyaluran BBM bersubsidi di wilayah Dumai sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan pemerintah dan Pertamina.

Untuk Dumai, pemakaian BBM subsidi hingga Agustus tersebut menyisakan quota Premium sebesar 11.812 kiloliter, dan solar dengan sisa 11.460 kilo liter.

"Sedangkan untuk pemakaian bahan bakar pertamax plus hingga agustus telah mencapai 300 kiloliter tanpa penetapan quota," kata Jamalus, Rabu.

Secara keseluruhan di wilayah Riau, konsumsi BBM premium dan solar over kuota bulanan sebesar 9,67 persen untuk premium dan 15,39 persen untuk solar.

Dia menjelaskan, untuk perbandingan pemakaian BBM Premium subsidi dan Pertamax plus non subsidi yang dipasarkan di kota Dumai berbanding 1,11 persen.

"Penjualan bahan bakar subsidi di kota ini disalurkan melalui 9 SPBU dan 3 diantaranya menyalurkan pertamax plus. Laporan realisasi konsumsi BBM ini baru kita terima dari Pertamina untuk kepentingan penyediaan dan pendistribusian BBM di 12 kabupaten kota di Riau," terangnya.