Anggota DPR nyatakan prihatin atas penurunan anggaran Kemenhub

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,DPR

Anggota DPR nyatakan prihatin atas penurunan anggaran Kemenhub

Anggota Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo. (ANTARA/HO-Humas Fraksi PKS)

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo menyoroti penurunan anggaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang dicemaskan dan berpotensi menghambat pencapaian target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) kementerian itu.

"Saya prihatin dengan penurunan anggaran Kemenhub tiga tahun terakhir ini. Tahun 2021 ini dari pagu definitif Rp45,66 triliun setelah refocussing tinggal Rp33,22 triliun," kata Sigit Sosiantomo dalam rilis di Jakarta, Kamis.

Baca juga: DPR apresiasi Kemenhub yang menyiapkan kapal laut bagi pekerja migran mudik

Selain itu, ujar dia, tahun 2022 pagu yang diusulkan Rp32,9 triliun dan masih ada kemungkinan turun lagi jika ada realokasi anggaran.

Ia mencemaskan penurunan anggaran Kemenhub akan menghambat pencapaian target-target RPJMN di sektor transportasi, penurunan pelayanan transportasi bagi masyarakat, hingga berkurangnya ruang fiskal untuk pembayaran hutang dan tunggakannya.

"Salah satu target RPJMN Kemenhub yang akan terhambat adalah pembangunan beberapa terminal tipe A yang tertunda akibat refocussing yang seharusnya selesai dalam single year menjadi multiyears," katanya.

Untuk itu Sigit meminta Kemenhub membuat daftar prioritas proyek yang akan dilaksanakan di tengah keterbatasan anggaran sehingga Kemenhub juga diminta lebih selektif memiliki proyek yang akan didanai APBN.

Sebagaimana diwartakan, pagu indikatif Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kemenhub tahun 2022 turun sebesar 20,35 persen menjadi Rp32,9 triliun dibandingkan pada 2021 yakni sebesar Rp41,3 triliun.

Baca juga: Kemenhub terus dorong penggunaan transportasi melalui program BTS

Baca juga: Kemenhub resmi terapkan alat tes GeNose sebagai syarat penumpang di Tanjung Perak


Pewarta: M Razi Rahman