Pemkab Siak dukung alih kelola Blok Rokan berjalan lancar

id blok rokan, pertamina, pt chevron,PT PHR, PHR,migas riau

Pemkab Siak dukung alih kelola Blok Rokan berjalan lancar

Bupati Siak, Alfedri ketika mengikuti rapat alih kelola Blok Rokan. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Pekanbaru (ANTARA) - Bupati SiakAlfedri menghadiri rapat koordinasi dalam rangka alih kelola Blok Rokan dari PT Chevron kepada PT Pertamina Hulu Rokan yang akan dilaksanakan pada 9 Agustus 2021.

"Pemerintah Kabupaten Siak siap mendukung agar alih kelola Blok Rokan dari PT Chevron kepada PT Pertamina Hulu Rokandan semoga berjalan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan adanya alih kelola tersebut, diharapkan akan meningkatkan devisa bagi Pemkab Siak di masa yang akan datang," kata Alfedri dalam kegiatan diPekanbaru, Selasa.

Peralihan tersebut akan dilakukan pada 8-9 Agustus mendatang yang akan melibatkan setiap kabupaten/kota di Provinsi Riau dalam pengelolaannya.

Setelah peralihan tersebut, setiap pekerjaan yang telah dilaksanakan oleh PT. Chevron akan dikelola oleh PT. Pertamina Hulu Rokan, ibaratnya hanya seperti bertukar baju.

Segala pekerjaan yang telah dikerjakan, nantinya hanya akan disambung kontraknya oleh Pihak PT. Pertamina Hulu Rokan. Artinya belum ada peralihan seratus persen baik dari program, pekerjaan, dan kemitraannya.

Ke depannya, dalam peningkatan pekerjaan tentu akan ada pengadaan yang akan dilakukan perusahaan. Dan pihak PT. Pertamina Hulu Rokan akan terbuka terhadap pemerintah daerah, dan segala jumlah penghasilan akan langsung dibagi.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan peralihan nantinya harus ada kejelasan dari aset-aset setelah peralihan tersebut nantinya. Dari segi ketenagakerjaan nantinya Pemerintah akan mempersiapkan sumber daya manusia yang ahli pada bidangnya.

"Selain itu, kami meminta kepada PT. Pertamina Hulu Rokan untuk terbuka kepada Pemerintah dalam hal apapun, baik dari tenaga kerja dan apapun yang ingin dibantu, Pemerintah siap untuk mengakomodirnya," kata Syamsuar.