Dekati Lebaran, Warga Dumai Mulai Berbelanja Mebel

id dekati lebaran, warga dumai, mulai berbelanja mebel

Dumai, (antarariau) - Menjelang Lebaran pada Agustus mendatang, banyak warga Kota Dumai, Provinsi Riau, mulai bertandang ke toko perabotan interior rumah tangga untuk melihat-lihat dan mendapat informasi harga dan cara pembayaran.

Meski tingkat pembelanjaan belum signifikan, namun pada Minggu, di beberapa toko perabotan interior mulai dipadati pengunjung dari berbagai kalangan.

Aling, seorang pemilik toko mengaku, warga yang datang umumnya masih sebatas bertanya-tanya harga dan kemudahan untuk memperoleh barang tersebut.

Toko Aling di Jalan Ombak, Kecamatan Dumai Barat, menyediakan berbagai pilihan kemudahan pembelian barang, baik melalui tunai maupun kredit berjangka.

"Memang sudah banyak yang mendatangi toko saya, tapi masih sedikit yang sudah berbelanja. Kebanyakan pengunjung masih melihat-lihat pajangan barang yang ada di toko kita dan mengetahui kemudahan pembelian yang tersedia," kata Aling.

Dia mengakui, permintaan barang yang paling diminati pengunjung diantaranya, lemari hiasan, kursi tamu, meja makan, dan sofa.

Menghadapi lebaran mendatang, selain melayani pembelian secara tunai, ia juga telah menempatkan petugas sejumlah perusahaan pembiayaan yang akan melayani jual beli dengan cara kredit berkala.

Banyak warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan perabotan rumah tangganya memanfaatkan cara kredit perbulan dengan bunga terjangkau.

"Selain karena dianggap tidak memberatkan pelanggan, juga karena kebanyakan dari masyarakat tidak memiliki uang kontan untuk membeli barang," sebut Aling.

Fifi, seorang warga mengakui, ngina membeli barang perabotan rumah tangga untuk persiapan Lebaran.

Ia juga mengaku tertarik untuk membeli dengan cara sistem kredit di toko.

"Pembelian dengan kredit ini tidak terasa memberatkan bagi kita karena pembayarannya diangsur setiap bulan. Kalau tidak begini, kapan lagi akan melengkapi perabotan rumah tangga, karena uang kontan memang belum ada," sebut Fifi, ibu dari tiga anak.