Sidak di Diskop UMKM, Wabup harapkan saling sinergi dan kolaborasi

id Pemkab bengkalis,Wabup bengkalis, bengkalis

Sidak di Diskop UMKM, Wabup harapkan saling sinergi dan kolaborasi

Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso melakukan kunjungan ke kantos Diskop. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Bagus Santoso melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Bengkalis, Kamis (22/4).

Kedatangan orang nomor dua di Negeri Junjungan disambut langsung oleh Plt Kepala Dinas Koperasi UMKM Nurminsyah bersama sejumlah pejabat Dinas.

"Kita memiliki konsep dengan Bupati Bengkalis untuk menggratiskan seluruh perizinan sehingga nanti pada APBD perubahan dapat membebaskan koperasi baru yang belum memiliki izin," kata Bagus.

Bagus mengatakan komitmen kami untuk mengurus izin gratis akan diberikan kepada masyarakat sehingga nanti akan timbul pelaku usaha di tengah-tengah masyarakat.

"Berapa jumlah biaya izin nantinya akan dimasukkan ke APBD perubahan sekitar 20 sampai 50 koperasi yang nantinya akan kita launching, ke depan kita harus cari koperasi percontohan sebagai perbandingan," ujarnya.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso juga meminta penjelasan terhadap bantuan UMKM dari pusat.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro, Sherly Damayanti mengatakan pada tahun 2020 masyarakat yang menerima bantuan UMKM sebesar Rp2.400.000,- dan pada tahun 2021 sebesar Rp1.200.000,-

"Setiap pelaku UMKM harus ada memiliki surat keterangan dari desa maupun kelurahan dan Kartu Tanda Penduduk juga nanti akan di verifikasi dari Kementerian Koperasi UMKM," kata Sherly.

Sherly menjelaskan pada tahun 2021 jumlah bantuan penerima UMKM sebanyak 9 juta pelaku UMKM seluruh Indonesia.

"Siapa yang duluan masuk maka orang itulah yang akan menerima bantuan tersebut, dan sampai saat ini belum ada batas waktu kapan terakhir dilaksanakan verifikasi tersebut," tutur Sherly.

Selanjutnya Sherly menambahkan pada tahun 2020 terdapat 12.000 pelaku usaha yang menerima bantuan UMKM dari usulan 22.000 pelaku usaha.

Baca juga: Sidak ke Disdagperin, ini harapan Wakil Bupati Bengkalis

Baca juga: Wabup Bengkalis minta penambahan trip Roro Rupat