Tim Takraw Riau Pemusatan Latihan Di Thailand

id tim takraw, riau pemusatan, latihan di thailand

Pekanbaru, (antarariau) - Pemusatan latihan bagi sejumlah atlet sepak takraw yang tergabung dalam Pelatda PON XVIII Riau hanya dilakukan selama dua pekan di Thailand dengan alasan pendanaan yang tidak memadai.

"Semula memang dijadwalkan pemusatan latihan itu sebulan, tapi karena dana terbatas maka hanya 14 hari," kata Sekum Pengurus Provinsi Sepak Takraw Indonesia Riau Yusmedi di Pekanbaru, Rabu.

Dia mengatakan, direncanakan atlet berangkat pada 25 Juni 2012 dan kembali ke Riau pada 26 Juli 2012, tapi karena masalah dana yang terbatas terpaksa waktunya dikurangi.

Para atlet itu tetap diberangkatkan pada 25 Juni, tapi harus pulang tanggal 13 Juli.

Pengurangan waktu pelatihan di negeri Gajah Putih itu setelah pihak pengurus inti PSTI Riau melakukan rapat dengan pelatih dan pengurus lain termasuk KONI.

"Meski dirasakan kurang maksimal menyangkut waktu yang singkat itu, tapi apa daya karena memang masalah dana itu yang menjadi persoalan utama," ujarnya.

Bila nanti terdapat dana tambahan, menurut dia, pelatih juga sudah diinstruksikan untuk memperpanjang waktu pemusatan latihan tersebut.

Pemusatan latihan bagi atlet Riau merupakan suatu keharusan guna menghadapi lawan pada PON XVIII yang digelar 9-20 September 2012, karena di Thailand banyak atlet dan klub yang bersedia untuk latih tanding.

Yusmedi mengatakan, tujuan pemusatan latihan di Thailand sudah diperhitungkan sejak lama, sementara rencana keberangkatan sudah disampaikan ke KONI Riau.

Sebelumnya tim Riau sudah melakukan uji tanding dengan atlet Universitas Politeknik Malaysia di GOR Rumbai, Kota Pekanbaru.

Selain itu, tim tuan rumah juga menantang atlet asal Banten dan dari semua pertandingan tersebut Riau lebih unggul.

Cabang sepak takraw termasuk yang diunggulkan untuk meraih medali pada PON XVIII untuk kontingan Riau bersama cabang lainnya seperti renang, atletik, tinju, sepatu roda, dan layar.