Lintasan balap PON perlu perbaikan

id lintasan balap, pon perlu perbaikan

Siak, Riau, (ANTARARIAU News) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Irving, mengungkapkan, lintasan sepanjang 45 Km untuk arena balap sepeda pada Pekan Olahraga Nasional ke-XVIII Tahun 2012 perlu perbaikan.

"Dari 180 Km, total 45 Km di antaranya perlu perbaikan berat. Kami sedang menghitung anggaran untuk diusulkan dimasukkan dalam APBD Siak tahun 2012," katatanya di Siak, Jumat.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kabupaten Siap kebagian jatah menggelar dua cabang pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012, yakni selain balap sepeda, juga kempo.

Irving kemudian mengungkapkan para pebalap sepeda dari berbagai daerah akan melintasi lintasan sepanjang 160 hingga 180 km.

"Dari keseluruhan lintasan, 45 km di antaranya perlu perbaikan. Rinciannya, rute sepanjang 20 Km merupakan jalan dua jalur mulai Bundaran Kwalian-Simpang Dayun dan 25 km dari Simpang Buatan ke arah Kantor Bupati," tuturnya.

"Guna perbaikan lintasan tersebut, saat ini sebuah tim khusus sedang mengkajinya. Diharapkan, secepatnya dapat diketahui kebutuhan material dan anggaran yang dibutuhkan untuk dimasukkan dalam APBD 2012," katanya.

Ia berharap, dengan upaya ini, Siak dapat menjadi tuan rumah yang baik khusus untuk olahraga belap sepeda.

Sementara itu, mengenai rute yang disepakati oleh PB PON, Irving menguraikan, akan dimulai dari depan Istana Siak.

"Kami sepakat dari istana kebanggaan masyarakat Siak itu, kemudian terus melalui jalan Sutomo-Raja Kecik ke jalan Hang Tuah. Tepat di depan Gedung LAMR Siak, akan dilakukan 'real start'," paparnya.

Selanjutnya, demikian Irving, para pebalap melaju menuju Simpang Kwalian ke Bundaran Kwalian sepanjang 2,13 Km melintasi Jembatan Tengku Agung ke arah Simpang Dayun 20 km.

Kemudian diteruskan ke Simpang KM II Buatan 9,11 km, seterusnya peserta kembali ke Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah yang merupakan ikon masyarakat Siak.

Dari rute sepanjang 25 km itu, pebalap menuju Bundaran Kwalian 2,15 km. "Jadi total rute yang dilintasi sepanjang 160 hingga 180 km," ujarnya.

Dikatakan, untuk mencapai jarak 180 km, peserta balap harus menempuh jalan dari Bundaran Kwalian ke Simpang Dayun 20 km sebanyak tiga kali putaran dengan jarak tempuh 119.30 km.

"Para pebalap kemudian harus mencapai garis finis di kompleks Stadion Kampung Rempak yang saat ini tengah diperbaiki," demikian Irving.