Pengumuman kelulusan SMP sederajat akan dilakukan Juni. Ini syarat penilaiannya

id Kadisdik pekanbaru,UN Pekanbaru, pekanbaru

Pengumuman kelulusan SMP sederajat akan dilakukan Juni. Ini syarat penilaiannya

Kepala Dinas Pendidikan  Kota Pekanbaru Abdul Jamal, di Pekanbaru  Senin (11/5). (ANTARA/Vera Lusiana)

 Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru akan mengumumkan kelulusan peserta didik tingkat SMP sederajat pada 5 Juni 2020 mendatang, walau siswa tidak melaksanakan Ujian Nasional (UN) karena wabah COVID-19.

"Petunjuk teknis (Juknis) kelulusan peserta didik SMP sederajat di Kota Pekanbaru sudah kami sampaikan ke sekolah masing-masing," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamaldi Pekanbaru Senin.

Abdul Jamal mengatakan, berhubung UN untuk SMP sederajat ditiadakan, maka penilaian untuk penentu kelulusan siswa di ubah dan dibuatkan petunjuk teknisnya, dimana masing-masing sekolah yang akan menentukan.

Caranya sambung dia, yakni diambil dari nilai rata-rata peserta didik selama lima semester.

"Jadi nilai lima semester terakhir siswa di hitung, untuk SMP nantinya menggunakan rata-rata nilai semester I hingga VI," katanya.

Sedangkan, ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dapat dilakukan dalam bentuk penilaian harian, porto folio nilai rapor dan presentasi yang diperoleh sebelumnya. Bisa juga lewat ujian online atau daring dan bentuk asesment jarak jauh.

"Nantinya hasil yang diperoleh diakumulasi dalam bentuk rata-rata dan dijadikan nilai semester dua pada kelas VII dan nilai semester empat untuk kelas VIII," katanya.

Kata dia, juknis dan kebijakan yang ditetapkan tersebut berpedoman sesuai surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tentang kelulusan, naik kelas hingga Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Sedangkan ketentuan tentang ijazah masih menunggu ketentuan yang diatur pemerintah pusat.

"Kita juga sudah buat edarannya bagi sekolah, sehingga bisa menjadi panduan," tukasnya.

Baca juga: 300 penjaga sekolah SD-SMP Pekanbaru terima bantuan sembako dari Disdik

Baca juga: Polisi tilang pelajar Bengkalis yang konvoi rayakan kelulusan