Desa di Inhil dipinta bentuk Desa Siaga COVID-19

id Bupati Inhil, Muhammad Wardan, HM Wardan, Covid-19, corona, trio beni putra,Tembilahan, inhil

Desa di Inhil dipinta bentuk Desa Siaga COVID-19

Bupati Inhil Muhmmad Wardan saat melakukan penyemprotan disinfektan beberapa waktu lalu. (ANTARA/Adriah)

Tembilahan (ANTARA) - Tim Gugus Percepatan Pencegahan COVID-19 Indragiri Hili, Riau meminta kepada seluruh kepala desa di wilayahnya agar segera membentuk Desa Siaga COVID-19.

Juru Bicara Tim Gugus Percepatan Pencegahan COVID-19 Inhil, Trio Beni Putra, Rabu, menuturkan hal tersebut dilakukan guna menghadapi pandemi virus coronayang kian meresahkan.

"Bupati Inhil sebagai Ketua Tin Gugus sudang mengimbau kepada seluruh desa untuk segera membentuk desa siaga COVID-19," ujar Trio.

Plt Kepala Diskominfo Persantik Inhil ini menuturkan agar pihak desa untuk membuat tempat karantina yang bisa digunakan untuk mengisolasi warga.

"Warga yang baru datang atau juga bisa dijadikan tempat perawatan bagi warga jika puskesmas pembantu penuh," sebutnya.

Sementara itu, untuk keselamatan dan keamanan serta konsumsi warga yang diisolasi diharapkan kerja sama dari pihak keluarga dan desa untuk saling berkomunikasi agar yang diisolasi tetap bisa diperhatikan.

"Untuk desa silahkan dibuat saja tempat karantina dengan posisi ranjang perawatan berjarak-jarak yang dilengkapi kamar mandi dan juga WC di dalamnya agar warga yang menjalani isolasi mandiri tidak kemana-mana," ujarnya.

Trio menambahkankepada seluruh desa khususnya Kepala Desa bisa mengetahui hal ini, dan semua masyarakat juga bisa mengerti jika ada keluarga atau kerabatnya yang baru pulang kampung agar bisa mengikuti terlebih dahulu isolasi mandiri supaya penyebaran COVId-19 mudah dicekal dari dini.

Hingga saat ini tercatat ada 5.813 orang dengan pemantauan (ODP) yang terdiri dari ODP Dalam Pemantauan sebanyak 76, ODP Selesai Pemantauan 3.653, Orang Tanpa Gejala (OTG) 2.084.

Sementara itu, untuk PDP tercatat sebanyak delapan orang yang terdiri dari PDP masih dirawat dua orang, empat PDP yang sembuh, PDP meninggal dua. (ADVETORIAL)

Baca juga: Bantu atasi COVID-19, 25 anggota Kodam Bukit Barisan tiba di Inhil

Baca juga: 27 tenaga medis di Inhil isolasi mandiri usai kontak dengan PDP COVID-19