Warga Dumai karantina wilayah sendiri dengan tutup jalan

id Korona dumai, COVID-19 dumai,corona dumai, dumai lockdown

Warga Dumai karantina wilayah sendiri dengan tutup jalan

Seorang petugas mengawasi kinerja alat pemindai suhu tubuh (thermal scanner) di samping penumpang di terminal kedatangan Pelabuhan PT Pelindo I Dumai di Dumai, Riau, Senin (27/1/2020). (ANTARA/Aswaddy Hamid)

Dumai (ANTARA) - Warga Kota Dumai di Kelurahan Sukajadi Kecamatan Dumai Kota lakukan karantina wilayah dengan menutup akses keluar masuk gang di lingkungan permukiman mengantisipasipenyebaran virus corona atau COVID-19.

Sejumlah akses jalan dan gang ditutup ini terlihat di Gang Merapi, Gang Merak dan Gang Bahagia Jalan Wan Dahlan atau Jalan Merdeka Lama.

Warga setempat menyebutkan, penutupan jalan gang ini karena dipicu kepanikan terhadap penyebaran COVID-19 dan untuk menghindari orang lalu lalang di kawasan itu.

Penutupan jalan ini dilakukan dengan cara meletakkan sejumlah pembatas dan memasang spanduk bertulis 'Stop dilarang masuk. Jalan Ini ditutup total untuk jangka waktu yang tidak ditentukan' dan tertanda Satgas Gugus Depan Penanganan COVID-19 RT 16 Kelurahan Sukajadi.

"Akses jalan sengaja ditutup agar warga luar tidak leluasa lalu lalang masuk ke dalam gang yang kerap dijadikan jalan pintas," kata seorang warga Rian kepada wartawan, Rabu.

Menurutnya, karena banyak pengendara melintas maka RT dan warga setempat mengambil kebijakan untuk menutup akses jalan utama sebagai langkah karantina wilayah demi mencegah penyebaran virus korona.

Sementara, Lurah Sukajadi Ali mengatakan terkait penutupan akses jalan ini bahwa RT setempat telah berkoordinasi dengan pihak kelurahan, namun lurah ataupun camat menyarankan agar akses jalan tidak ditutup total tetapi cukup dipasang plang saja.

“Warga merasa kuatir dengan penyebaran wabah ini sehingga sepakat menutup akses jalan," kata Lurah Ali kepada pers.

Dia mengimbau warga untuk tidak panik dan tetap tenang menghadapi pandemi COVID-19 ini, serta mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dengan tetap di rumah agar bisa memutuskan rantai penyebaran Korona ini.

Baca juga: Kontraktor di Dumai kecewa pembatalan sepihak lelang proyek fisik

Baca juga: Pertamina Dumai serahkan bantuan ratusan paket APD atasi COVID-19