Hujan Sapu Kabut Asap Di Pekanbaru

id hujan sapu, kabut asap, di pekanbaru

Pekanbaru, 4/8 (ANTARA) - Hujan deras yang mengguyur Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, pada Kamis (4/8) telah menyapu kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan yang selama tiga hari terakhir terus menyelimuti daerah itu.

Berdasarkan pantauan ANTARA, Kamis, hujan deras mengguyur Pekanbaru sejak pukul 10.00 WIB dan berlangsung lebih dari dua jam sehingga asap yang sebelumnya mencemari udara tidak lagi terlihat.

Jarak pandang yang sebelumnya turun drastis akibat asap kini sudah normal, yakni lebih dari satu kilometer sehingga aman bagi penerbangan. Sejumlah warga merasa lega karena sebelumnya asap dinilai cukup mengganggu saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

"Pagi tadi asap masih cukup tebal, tapi Alhamdulillah sekarang sudah hilang karena hujan," ujar seorang warga, Sudarto (45).

Seorang warga lainnya, Syamsu (32) mengatakan, asap sisa kebakaran hutan sangat mengganggu aktivitas saat bulan Ramadhan karena mengakibatkan sesak nafas dan iritasi pada mata.

Selain itu, cuaca juga terlihat mendung namun suhu udara bertambah panas akibat asap menyelimuti Pekanbaru.

"Mungkin kalau tidak turun hujan, asap bakal terus menyelimuti udara," ujarnya.

Karena itu, ia meminta pemerintah untuk bersikap tegas kepada pembakar lahan karena asap sisa kebakaran hanya membawa kerugian bagi warga lainnya.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, pantauan terakhir satelit NOAA 18 menunjukan jumlah titik api yang menjadi indikasi kebakaran hutan dan lahan terus berkurang.

Jumlah titik api kini terpantau sebanyak 171 titik di Pulau Sumatera, berkurang dari hari sebelumnya yang mencapai 298 titik api. Sedangkan di Provinsi Riau kini mencapai 72 titik, berkurang dari sebelumnya mencapai 131 titik api.

Beberapa titik api cenderung berkurang di Riau, hanya Kabupaten Indragiri Hulu yang tercatat jumlahnya bertambah menjadi 20 titik api dari sebelumnya hanya 12 titik.

Sedangkan, titik api lainnya terpantau di Kabupaten Indragiri Hilir sebanyak 12 titik api, Pelalawan (11), Bengkalis (9), Rokan Hulu (7), Kuantan Singingi (3), Siak (2), dan Kepulauan Meranti (1).