Hujan Sapu Kabut Asap Di Dumai

id hujan sapu, kabut asap, di dumai

Dumai, 5/7 (ANTARA) - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda sebagian besar wilayah Kota Dumai, Riau, Selasa, menyapu kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan yang menyelimuti kota berjuluk Mutiara Pantai Sumatera itu.

Sekitar pukul 06.00 WIB, kabut asap terlihat hanya membayangi sebagian wilayah meliputi jalan dan sejumlah komplek pemukiman di Dumai.

Kabut asap terlihat jauh lebih tipis dibandingkan dengan beberapa hari sebelumnya yang sempat menyisakan jarak pandang di bawah 500 meter.

"Kita bersyukur udara pagi (5/7) ini sudah mulai membaik, namun tetap saja masyarakat harus waspada karena kandungan asap di udara masih ada," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Dumai, Marjoko Santoso.

Pantauan papan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) milik PT Chveron Pasific Indonesia (CPI) yang dilaporkan kepada Dinkes setempat, katanya, menunjukkan kualitas udara di angka di bawah 100 politan standar indeks (PSI) yang artinya sedang atau cukup tidak sehat.

"Untuk berjaga-jaga menghindari berbagai penyakit saluran pernafasan, sebaiknya masyarakat tetap mengurangi kegiatan luar rumah dan senantiasa menggunakan masker," katanya.

Hujan melanda sebagian besar Kota Dumai pada Selasa, sekitar pukul 00.30 hingga 01.30 WIB.

Intensitas hujan secara singkat itu terpantau cukup deras.

Udara pada Selasa dini hari itu juga berembus dengan kecepatan rata-rata di atas 17 kilometer per jam sehingga mampu menyapu kabut asap yang menutupi sebagian besar Kota Dumai.